Pertamina Bersiap Produksi Green Avtur Akhir Tahun Ini

pertamina akan produksi green avtur akhir tahun

Source: voi.id

PT Pertamina telah berhasil dalam memproduksi Green Diesel yang berbahan dasar minyak kelapa sawit. Kini, perusahaan migas ini menyatakan tengah bersiap untuk menguji coba produksi green avtur. Uji coba ini direncanakan untuk dilakukan akhir tahun 2020 ini. Dua kilang yang dipersiapkan untuk produksi bahan bakar ramah lingkungan ini adalah Kilang Cilacap dan Kilang Plaju.

Nicke Widyawati selaku Dirut Pertamina mengatakan bahwa uji coba untuk mencipatakan green avtur ini akan dilaksanakan dengan metode Co-Processing injeksi CPO dengan kadar 3%. CPO tersebut akan diproses dengan sedemikian rupa sampai hilang bau, getah dan impuritiesnya. Proses ini akan dilaksanakan di Kilang Cilacap.

Nicke menambahkan baha uji coba produksi green avtur ini adalah bagian dari proyek biorefinery pertamina untuk mewujudkan produksi green energi atau bahan bakar ramah lingkungan di Indonesia.

Untuk mendukung proyek ini, Pertamina akan mendirikan Standalone Biorefinery di Plaju dan Cilacap. Untuk Standalone Biorefinery di wilayah Cilacap diprediksi dapat menghasilkan green energy dengan kapasitas 6000 barel setiap hari. Sedangkan kilang Plaju diharapkan dapat menghasilkan bahan bakar ramah lingkungan dengan kapasitas 20.000 barel setiap hari.

Bahan baku yang digunakan untuk produksi Green Avtur dan Green Diesel ini adalah minyak kelapa sawit. Oleh karena itu, diharapkan proyek ini dapat menyerap hasil panen sawit dari para petani Indonesia.

Pertamina berencana tidak hanya memproduksi Green Diesel dan Green Avtur. Perusahaan plat merah ini juga akan melakukan uji coba produsi Green Gasoline. Jika uji coba ini berhasil, pertamina akan menjadi perusahaan pertama di dunia yang berhasil mengolah minyak kelapa sawit menjadi green gasoline.

Penggunaan minyak sawit dalam produksi green energy diharapkan dapat meningkatkan perekonomian Indonesia. Hal ini dikarenakan bahan baku sawit yang melimpah sehingga dapat mengurangi biaya produksi.

Beberapa pekan yang lalu, pertamina telah berhasil melakukan uji coba produksi Green Diesel D100. Dalam road test yang digelar, bahan bakar D100 ini dicampur dengan FAME dan Solar. Uji coba ini menghasilkan bahan bakar yang berkualitas dan ramah lingkungan.

Related posts

Leave a Comment