Pertamina Berencana Akuisisi Blok Migas Timur Tengah dan Afrika

pertamina siap akuisisi blok migas luar negeri

Source: telegraf.co.id

Untuk meningkatkan produksi minyak dan gas, Pertamina tengah berusaha untuk mengakuisisi blok migas di negara lain. Pertamina dikabarkan akan mengakuisisi blok migas yang berada di wilayah Uni Emirat Arab, Timur tengah dan Negara Ghana di Afrika.

Blok Migas di kedua negara tersebut kini dimiliki oleh Perusahaan Occidental Pteroleum Corp. Nilai untuk akuisisi blok migas tersebut diperkirakan mencapai 4,5 miliar USD atau senilai Rp 6,5 triliun.

Namun, Pri Agung Rakhmanto selaku pendiri Reforminer Institute mengatakan bahwa diperlukan payung hukum jika Pertamina ingin menguasai blok migas di negara lain. Payung hukum tersebut diperlukan untuk mencegah terjadinya kasus hukum.

Kasus yang pernah terjadi adalah terjeratnya mantan Dirut Pertamina yakni Karen Agustiawan pada tahun 2009. Karen tersandung kasus hukum saat mengakuisisi Blok Baster Manta Gummy di Australia.

Pri menambahkan bahwa payung hukum yang dimaksud meliputi dasar hukum, petunjuk tenis serta prosedur atau mekanisme dalam menjalankan akuisisi tersebut. Aksi korporasi dalam akuisisi migas ini penuh dengan resiko.

Keputusan ini memiliki potensi untung ataupun rugi yang tidak dapat diprediksi. Hal ini dikarenakan investasi di bidang migas memang penuh ketidakpastian. Resiko yang bisa terjadi diantaranya adalah ketidakpastian cadangan migas. Selain itu, harga minyak yang tidak menentu atau fluktuatif juga sangat berpengaruh.

Seiring dengan kabar akuisisi ini, Vice President Corporate Communication belum bersedia untuk berkomentar. Pihak Pertamina mengungkapkan baha rencana akuisisi tersebut masih dalam tahap proses.

Dilansir dari Bloomberg, perusahaan pemilik Blok Migas di Ghana dan UEA yakni Occidental memang sedang terlilit utang. Oleh karena itu, perusahaan tersebut tengah mengkaji rencana penjualan aset blok igas untuk mengurangi utang. Selain itu, situasi perusahaan ini juga sednag memburuk karena menurunnya permintaaan akan migas.

Rencana akuisisi oleh Pertamina ini merupakan usaha perusahaan berplat merah ini untuk meningkatkan kapasitas produksi migas. Di samping itu, Pertamina juga akan menerapkan teknologi baru yaitu Enhanced Oil Recovery. Teknologi ini berfungsi untuk menaikkan produksi blok migas yang sudah berproduksi.

 

Related posts

Leave a Comment