Program Listrik Gratis Diperpanjang Hingga Desember

listrik gratis diperpanjang hingga desember

Source: dafunda.com

Pemerintah kembali memberikan stimulus untuk masyarakat yang terkena dampak pandemi. Kini, program listrik gratis untuk pelanggan PLN dengan daya 450VA diperpanjang hingga akhir tahun. Tidak hanya itu, diskon 50% untuk tarif listrik daya 900 VA juga turut diperpanjang.

Sebenarnya program listrik gratis dan diskon tarif listrik 50% ini hanya diperpanjang hingga bulan September. Namun, pemerintah memutuskan untuk memperpanjang bantuan ini hingga bulan Desember. Pemerintah telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 12,18 triliun untuk mempersiapkan program ini.

Rida Mulyana selaku Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM mengatakan bahwa program diskon tarif listrik ini telah berjalan sejak bulan April 2020. Program ini diumumkan langsung oleh Presiden Joko Widodo. Tujuannya adalah untuk memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak pandemi.

Kemudian, pemerintah memutuskan untuk memperpanjang program listrik gratis ini sebanyak dua kali. Awalnya, program ini diperpanjang hingga bulan September 2020. Artinya program ini telah diperpanjang hingga 3 bulan. Mekanisme yang dijalankan sama yakni diskon 100% untuk pelanggan daya 450VA dan diskon 50% untuk daya 900 VA.

Dikarenakan pandemi belum usai dan dampaknya masih terus berlanjut, maka pemerintah memperpanjang program ini hingga Desember 2020. Pemerintah mengambil keputusan ini setelah mengadakan pembahasan bersama dengan beberapa kementerian.

Kebijakan listrik gratis ini telah menjangkau 24,16 juta pelanggan PLN untuk daya 450 VA. Sedangkan untuk daya 900 VA subsidi, pelanggan yang mendapatkan bantuan ini mencapai 7,72 juta.

Sementara itu, pemerintah juga memberikan keringanan untuk pelanggan PLN golongan bisnis dan industri. Keringanan ini diberikan dari bulan Juli sampai bulan Desember 2020. Pemerintah akan membebaskan ketentuan rekening minimum 40 jam nyala.

Ketentuan tentang keringanan ini diberlakukan untuk golongan sosial 1300 VA hingga 200k V, golongan bisnis 1300 VA hingga 200k VA, serta golongan industri 1300 VA hingga 30.000k VA.

Mekanisme keringanan untuk golongan bisnis dan industri ini adalah pelanggan hanya perlu membayar berdasarkan listrik yang dipakai. Sedangkan pemakaian dengan ketentuan listrik minimum akan ditutup oleh pemerintah.

Related posts

Leave a Comment