PGN Targetkan Ekspansi Bisnis LNG Ke Pasar Internasional

Source: petrominer.com

PT Perusahaan Gas Negara (PGN) terus memacu kemampuan untuk mengelola Liquid Natural Gas. Perusahaan negara ini menargetkan untuk melakukan ekspansi bisnis hingga merambah pasar internasional.

Syahrial Mukhtar selaku Direktus Strategi dan pengembangan Bisnis PGN menuturkan bahwa bisnis LNG mempunyai peluang yang cukup besar untuk merambah pasar luar negeri. PGN memiliki peluang dari segi perdagangan maupun pengembangan infrastruktur. Dengan modal ini, PGN bisa menjadi pemasok gas di tingkat internasional.

PGN menargetkan untuk meningkatkan volume pengelolaan gas bumi untuk Global LNG Trading. Volume produksi ini akan terus ditingkatkan pada tahun-tahun berikutnya.

Syahrial menambahkan bahwa Indonesia merupakan negara yang memiliki cadangan gas yang besar sehingga memiliki prospek untuk menyediakan gas bumi untuk negara-negara di kawasan Asia Pasifik khususnya Asia Tenggara.

Menurut Syahrial, permintaan gas di negara-negara Asia Pasifik terus meningkat pada tiap tahunnya. Bahkan beberapa negara di Asia Tenggara termasuk ke dalam target LNG Trading dengan permintaan 0,5 juta ton per tahun.

Pasar internasional juga telah memberikan respon yang positif dengan proses penjajakan bisnis yang telah dilakukan PGN. Proyeksi permintaan gas sebesar 18 kargo tiap tahun.

PGN dan Sinopec juga telah menandatangani Perjanjian Master Jual Beli LNG untuk memperluas bisnis LNG di pasar internasional. PGN juga mempunyai proyek LNG di Cina yang merupakan kerja sama dengan perusahaan manufaktur logistik ISO Tank. Sementara itu PGN tengah melakukan kajian untuk ekspansi bisnis gas ini di negara-negara Asia Selatan.

Ekspansi bisnis LNG ini adalah bagian penting dari proses transformasi Pertamina sebagai Holding Migas sednagkan PGN sebagai subholding gas. Pertamina juga telah menugaskan PGN untuk melakukan pengelolaan secara penuh pada bisnis LNG.

Related posts

Leave a Comment