Kado HUT RI, Pertamina Produksi 1000 Barel D100 per Hari

Pertamina produksi 1000 barel D100 per hari

Source: katadata.co.id

Bulan Juli lalu, Pertamina telah menguji coba produksi Bahan Bakar Green Diesel D100 di Kilang Dumai. Dalam uji coba ini, Pertamina mampu memproduksi D100 sebanyak 1000 barel per hari.

Nicke Widyawati selaku Direktur Utama Pertamina mengatakan bahwa D100 ini menggunakan 100% minyak sawit sebagai bahan baku. Pencapaian ini dapat menjadi kado bagi HUT RI ke-75.

Nicke menambahkan bahwa Indonesia kaya akan sumber daya alam, tinggal diperlukan kemampuan untuk mengolah SDA ini menjadi sumber energi untuk mencapai ketahanan dan kedaulatan energi nasional.

Bahan Bakar ramah lingkungan atau Green energy D100 ini merupakan upaya Pertamina untuk memaksimalkan sumber daya alam guna membangun ketahanan serta kemandirian energi nasional. Selain itu, produksi D100 juga dapat menekan defisit impor BBM serta mendukung perekonomian nasional.

Green Diesel D100 menggunakan minyak sawit sebagai sumber daya. Bahan ini sangat melimpah dalam negeri.

Dalam pidato kenegaraan tanggal 15 Agustus 2020, Presiden Jokowi mengatakan bahwa negara tengah berupaya untuk membangun kemandirian energi. Tahun lalu, Indonesia telah berhasil memproduksi B20, sedangkan tahun ini mulai memproduksi B30.

Dalam pidato tersebut, Jokowi juga memberikan apresiasi pada Pertamina yang bekerja sama dengan peneliti ITB dalam upaya memproduksi katalis Merah Putih. Katalis tersebut merupakan komponen utama untuk produksi D100. Produksi green energy ini akan menyerap sekitar 1 juta ton kelapa sawit per hari.

Hal ini merupakan hal yang baik karena dapat meningkatkan lapangan kerja. Selain itu, Indonesia dapat mengurangi ketergantungan terhadap penggunaan energi fosil.

Selain pengolahan minyak sawit menjadi D100 di Kilang Dumai, Pertamina juga akan membangun dua kilang lagi yakni di Plaju sumatera Selatan dan di Cilacap Jawa Tengah. Kilang Cilacap diprediksi dapat menghasilkan green energy dengan kapasitas 6000 barel per hari. Sednagkan Kilang Plaju akan memproduksi Green Avtur serta Green Diesel dengan kapasitas 20.000 barel per hari.

Nicke menambahkan bahwa produksi D100 dengan bahan baku minyak sawit dan menggunakan katalis merah putih ini merupakan wujud inovasi karya anak bangsa. Pertamina bangga bisa menciptakan solusi green energy untuk Indonesia.

Related posts

Leave a Comment