PLN Berhasil Siapkan Pasokan Listrik di Ibu Kota Baru

PLN siapkan listrik di ibu kota baru

Source: portonews.com

PT perusahaan Listrik Negara (PLN) mengumumkan telah berhasil menyiapkan tegangan pertama untuk tiga proyek infrastruktur listrik di ibu kota baru. Infrastruktur ini disiapkan untuk emmenuhi kebutuhan akan listrik di wilayah ini.

Tiga proyek yang telah diselesaikan adalah Gardu Induk 150 kV New Samarinda, Gardu Induk 150 kV Embalut, serta Saluran Udara Tegangan Tinggi 150 kV Embalut – New Samarinda.

Muhammad Ramadhansyah selaku General Manager PLN Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Timur mengatakan,” Penguatan sistem infrastruktur ketenagalistrikan di wilayah Kalimantan Timur ini merupakan dukungan kesiapan ibu kota negara yang baru serta perkuatan kota penyangga di sekitarnya.”

Jalur SUTT Embalut – New Samarinda memiliki 45 tower yang membentang sepanjang 28,4 km dari Kabupaten Kutai kartanegara sampai Samarinda. Infrastruktur ini akan menambah kemampuan sistem kelistrikan di Kalimantan khususnya sistem Mahakam.

Sementara itu, kini PLN juga tengah melakukan pembangunan jaringan transmisi Samarinda – Sambera sepanjang 40 km yang terdiri dari 67 tower.

PLN tidak hanya fokus untuk menyiapkan kelistrikan di Kalimantan. PLN juga tengan menyelesaikan pembangunan jaringan transmisi di Sulawesi Barat yakni jaringan Mamuju – Topoyo serta Topoyo – Pasangkayu. Akselesrasi pembangunan sistem kelistrikan ini dilakukan sebagai langkah untuk menyiapkan Sulawesi Barat dan Sulawesi Tengah sebagai daerah penyangga ibu kota baru di masa yang akan datang.

Jaringan transmisi yang membentang sepanjang 181 km ini bertujuan untuk meningkatkan pasokan listrik di Kota Palu dan daerah lainnya di sisi barat Sulawesi Tengah setelah dilanda gempa dan tsunami tahun 2018 lalu.

I Putu Riasa selaku General Manager PLN UIP Sulawesi Bagian Selatan mengatakan bahwa meskipun tengah kondisi pandemi, PLN terus berupaya untuk menyeelsaikan pembangunan sistem kelistrikan ini karena supply listrik di daerah selatan Sulawesi memang sangat dibutuhkan.

Related posts

Leave a Comment