Gandeng PT Chandra Asri, Pertamina Rintis Bisnis Petrokimia

Pertamina dan Chandra Asri kerjasama bisnis Petrokimia

Source: kumparan.com

Pertamina melalui anak perusahaannya yaitu PT Kilang Pertamina Internasional bekerja sama dengan PT Chandra Asri Petrochemical Tbk. Kerja sama ini adalah untuk mengembangkan bisnis petrokimia. Kerjasama antara dua perusahaan ini diharapkan bisa mengurangi impor produk petrokimia.

PT KPI dan PT Chandra Asri telah menandatangani Head of Agreement hari Selasa tanggal 25 Agustus di Gedung Utama Pertamina. Penandatanganan ini juga disiarkan secara virtual. Perjanjian ini ditandatangani oleh Ignatius Tallulembang selaku Dirut KPI dan Erwin Ciputra selaku Presdir Chandra Asri.

Nicke Widyawati selaku Direktur Utama pertamina mengatakan bahwa perjanjian ini merupakan komitmen antara KPI dan Chandra Asri untuk melaksanakan kajian proyek petrokimia. Tujuan proyek ini adalah untuk emmasok kebutuhan petrokimia dalam negeri yang sebagian besar masih harus impor.

Selain itu, peluang bisnis sektor petrokimia ini sangat potensial untuk dikembangkan. Potensi kerja sama ini sudah dipertimbangkan sejak tahun lalu. Peluang pengembangan bisnis petrokimia ini memiliki potensi yang cukup besar dalam rangka menekan impor.

Nicke menambahkan bahwa masuknya pertamina ke bidang industri petrokimia merupakan strategi pengembangan bisnis serta mitigasi jangka panjang. Sektor ini juga berpotensi menjadi bisnis jangka panjang antara Pertamina dan Chandra Asri.

Pertamina memiliki rencana jangka panjang hingga tahun 2026 untuk membangun pabrik petrokimia. Pabrik-pabrik ini akan diintegrasikan dengan kilang-kilang Pertamina.

Saat ini Pertamina telah menjalankan proyek pengembangan kilang berbasis petrokimia di proyek RDMP Balikpapan, Cilacap, Balongan, dan Dumai. Pertamina berharap proyek pengembangan ini dapat menghasilkan produk petrokimia yang kompetitif.

PT Chandra Asri juga antusias dengan adanya kerja sama dengan Pertamina ini. Perusahaan ini berharap agar industri petrokimia dapat menjadi lebih maju lagi.

Related posts

Leave a Comment