Kementrian ESDM Targetkan Kajian Biodiesel B40 Selesai Tahun ini

kajian biodiesel B40 ditargetkan selesai tahun ini

Source: indonesia.go.id

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral menargetkan kajian tentang biodiesel B40 bisa rampung pada tahun ini. Langkah ini merupakan kelanjutan dari penerapan B30 yang telah selesai dilakukan pada Januari 2020.

Kajian tersebut meliputi uji ketahanan pada engine test bench selama 1000 jam. Kajian ini dikakukan di laboratorium Pusat Penelitian dan pengembangan Teknologi Minyak dan Gas Bumi pada dua formulasi B40.

Formula yang pertama adalah B40. Formulasi ini mengandung 60% solar serta 40% Fatty Acid Methyl Esther. Sementara itu, formulasi yang kedua mengandung 10% distillated Fatty Acid, 30% Fatty Acid Methyl Esther, dan 60% solar.

Danan Kusdiana selaku Kepala Balitbang Kementerian ESDM mengatakan,” Akan selesai di akhir tahun, mungkin November kita mulai melakukan analisis lengkap dari semua. Untuk sementara kita tidak akan melakukan uji jalan di jalan raya, kan agak sulit ya kita akan memulai, agak takut keluar. Jadi kita mencari cara yang lain bagaimana ini tetap bisa berjalan.”

Dadan juga menambahkan bahwa meskipun kajian tersebut diharapkan dapat diselesaikan pada akhir tahun ini, pihaknya telah memutuskan tidak akan melaksanakan uji jalan seperti saat penyelesaian B30. Hal ini dilakukan karena pandemi yang masih berlangsung.

Tahapan uji coba yang dilakukan meliputi pengujian karakteristik kimia dan fisika dalam formulasi B40. Serta pengujian kinerja pada formulasi B40. Selain itu, peneliti juga melakukan evaluasi untuk mendapatkan formulasi untuk uji ketahanan 1000 jam serta pengujian sampel pelumas.

Sementara itu, tahapan selanjutnya adalah persiapan dan pelaksanaan stabilitas penyimpanan dan uji prespitasi. Setelah semua tahapan tersebut selesai, Kementerian ESDM akan mengelar evaluasi serta penyusuan laporan terkait kajian penerapan B40.

Related posts

Leave a Comment