Pemerintah Turunkan Tarif Listrik untuk 7 Golongan Pelanggan

pemerintah turunkan tarif listrik

Source: pikiran-rakyat.com

Pemerintah menurunkan tarif listrik khusus untuk tujuh golongan pelanggan PLN. Penyesuaian tarif listrik ini dilakukan untuk periode Oktober hingga Desember 2020.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral mengeluarkan surat edaran yang ditujukan untuk Dirut PLN. Surat edaran ini berisi bahwa pemerintah menurunkan tarif listrik untuk tegangan rendah. Tarif listrik semula adalah Rp 1467 per kWh diturunkan menjadi Rp 1445 per kWh. Jadi tarif listrik diturunkan sebesar Rp 22,58 per Kwh.

Agung Pribadi selaku Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan kerja sama Kementerian ESDM menjelaskan bahwa penurunan tarif tersebut telah sesuai dengan Permen ESDM Nomor 3 Tahun 2020.

Agung juga menjelaskan bahwa tarif listrik baru ini bisa dinikmati oleh pelanggan PLN golongan rumah tangga dengan daya 1300 VA, 2200 VA, 3500 hingga 5500 VA, 6600 VA ke atas. Selain itu, penurunan tarif listrik ini juga dapat dinikmati oleh pelanggan bisnis dengan daya 6600 hingga 200 kVA dan juga pelanggan pemerintah dengan daya 6600 hingga 200 kVA serta oenerangan jalan umum.

Sementara itu, untuk pelanggan tegangan menengah dan tegangan tinggi tarifnya tetap sama dengan perhitungan tarif listrik periode Juli hingga September 2020. Sementara itu, pelanggan rumah tangga dengan daya 900 VA-RTM tarifnya tetap sebesar Rp 1352 per kWh.

Penurunan tarif listrik untuk pelanggan nonsubsidi tegangan rendah ini diharapkan akan dapat mendukung stabilitas ekonomi nasional serta membantu daya beli masyarakat.

Pemerintah memutuskan untuk menurunkan tarif listrik dikarenakan terjadi perubahan parameter ekonomi makro rata-rata per tiga bulan. Parameter lainnya adalah harga minyak mentah, kurs rupiah, tingkat inflasi, serta harga patokan batu bara.

Related posts

Leave a Comment