PLN Akan Konversi Kompor LPG Jadi Kompor Induksi Listrik

PLN konversi kompor gas ke kompor listrik

Source: bbc.com

PT Perusahaan Listrik Negara tengah berupaya meningkatkan penggunaan listrik di masyarakat. Salah satu upaya yang dilakukan adalah wacana untuk mengonversi kompor gas LPG menjadi kompor induksi.

Zulkifli Zaini selaku Dirut PLN mengatakan bahwa pihaknya akan menggalakkan penggunaan kompor induksi listrik. Ia mendorong masyarakat agar bisa beralih dari penggunaan kompor gas menjadi kompor listrik. Hal ini dikarenakan konsumsi listrik berhubungan erat dengan indikator kemajuan ekonomi.

Zulkifli mengatakan,”Kami akan konversi besar-besaran dari LPG ke induksi. Mudah-mudahan dalam beberapa waktu yang akan datang kami launching inisiatif untuk konversi satu juta elpiji ke induksi.”

Untuk mewujudkan proyek konversi kompor LPG menjadi kompor listrik ini, PLN telah memperkenalkan kompor induksi dengan menjalankan program kampung listrik. Kini telah ada dua kampung yang telah mencoba kompor induksi. Kedua kampung tersebut adalah Kampung Hijau Kemuning Tangerang dan Kampung Batu Ampar Jakarta Timur.

Zulkifli menambahkan bahwa pihaknya berharap akan lebih banyak kampung yang menggunakan kompor listrik sehingga lebih ramah lingkungan. Selain itu, udara di daerah tersebut akan lebih sehat.

Berdasarkan data dari Kementerian ESDM, efisiensi energi dari kompor induksi mencapai 84%. Sementara efisiensi kompor gas LPG hanya 40%. Berdasarkan data tersebut bisa dsimpulkan bahwa biaya pemakaian kompor listrik akan leboh murah jika dibandingkan dengan kompor gas.

Pemerintah akan fokus untuk mendorong penggunaan kompor listrik di daerah yang tidak dilalui jaringan gas. Untuk itu, pemerintah dan PLN akan bekerja sama untuk mendorong penggunaan kompor induksi listrik.

Tujuan dari program konversi ini adalah untuk mengurangi impor gas serta memangkas subsidi LPG 3 kg. Subidi gas LPG ini selama ini telah mencapai puluhan triliun rupiah sehingga banyak membebani negara.  

Related posts

Leave a Comment