Pemerintah Kaji Program Pengalihan Subsidi Listrik Untuk PLTS Atap

pemerintah akan alihkan subsidi listrik ke PLTS atap

Source: beritagar.id

Kementerian ESDM sedang mengkaji rencana untuk mengalihkan dana subsidi listrik untuk membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya atau PLTS yang akan dipasang di atas atap rumah penduduk.

Program ini bertujuan untuk memacu penggunaan energi terbarukan. Dengan penggunaan PLTS atap, konsumsi listrik PLN akan berkurang.

Jika proyek ini dapat terwujud, pemerintah tidak perlu mengeluarkan anggaran untuk subsidi listrik yang membebani anggaran negara selama ini. Selain itu, penggunaan PLTS atap juga akan memberikan dampak untuk biaya yang dikeluarkan PLN untuk memproduksi listrik.

PLTS atap ini akan diperuntukkan untuk rumah pelanggan PLN yang masih disubsidi listriknya. Pemerintah memiliki target agar pelanggan listrik subsidi listrik dapat berkurang karena tergantikan dengan PLTS Atap tersebut.

Harris selaku Direktur Aneka Energi Baru dan Terbarukan Kementerian ESDM menyatakan bahwa pemerintah sedang mempersiapkan konsep untuk mewujudkan rencana besar ini.

Program tersebut merupakan langkah untuk mewujudkan target energi terbarukan sebesar 23% pada tahun 2025. Langkah yang akan dilakukan adalah dengan memindahkan subsidi listrik menjadi PLTS rooftop.

Namun demikian, program pengalihan subsidi listrik ke PLTS atap bukanlah hal yang mudah. Jumlah pelanggan listrik subsidi untuk golongan 450 VA adalah 24 juta. Sedangkan jumlah pelanggan subsidi daya 900 VA ada 3 juta orang.

Sementara itu, diperlukan persetujuan DPR untuk merealisasikan rencana ini. Sehingga pembahasan program tersebut masih dalam tahap konsep.

Pemerintah sedang melakukan evaluasi peraturan terkait program ini. Sehingga program pengalihan subsidi ke PLTS atap ini dapat menarik minat pelanggan PLN. Namun pemerintah masih belum mempersiapkan insentif.

Saat ini pemerintah sedang menyelesaikan peraturan tentang energi baru terbarukan. Saat ini, perkembangan energi baru di Indonesia masih belum maksimal. Salah satu kendalanya adalah masalah biaya. Selain itu, aspek SDM juga perlu ditingkatkan.

Related posts

Leave a Comment