Antam Ditunjuk untuk Kelola Tambang Bekas Freeport

Antam akan kelola tambang bekas Freeport

Source: imcnews.id

Menteri BUMN Erick Thohir menugaskan PT Aneka Tambang untuk mengelola Blok Wabu. Blok tersebut merupakan hasil dari penciutan tambang PT Freeport Indonesia. Sejumlah asosiasi pertambangan pun turut buka suara terkait hal tersebut.

Rizal Kasli selaku Ketua Umum Perhimpunan Ahli Pertambangan Indonesia mengatakan bahwa eks wilayah kontrak karya yang dikembalikan ke negara dapat dijadikan wilayah pencadangan negara serta wilayah usaha pertambangan khusus dengan penawaran pada BUMN.

Dengan demikian, ANTAM yang merupakan holding industri pertambangan BUMN bisa mendapatkan prioritas untuk mengelola Blok Wabu tersebut.

Meskipun demikian, masih ada sejumlah kendala untuk mengelola tambang di Blok Wabu. Diantaranya adalah beratnya medan serta infrastruktur yang belum terbangun. Hal tersebut menjadi tantangan utama untuk mengelola Blok Wabu.

Rizal menambahkan pengelola akan menghadapi masalah infrastruktur karena Blok Wabu berlokasi di tengah-tengah daratan Papua yang jauh dari laut. Sehingga kendala transportasi akan menjadi masalah utama.

Dengan kondisi wilayah tersebut, Antam harus mengembangkan infrastruktur terlebih dahulu agar dapat menjalankan proyeknya. Rizal juga menyarankan agar Antam menggunakan sistem Roster untuk mengelola Blok Wabu.

Dengan sistem tersebut, seluruh proses pengolahan dapat dilakukan pada wilayah tersebut hingga dapat menghasilkan bullio emas. Setelah itu, hasil pengolahan baru dikirim ke pabrik pengolahan dan pemurnian logam mulia yang berada di Jakarta.

Rizal yakin, PT Aneka Tambang telah berpengalaman untuk melakukan penambangan pada daerah yang masih terisolasi. SDM dan tenaga ahli di Indonesia telah mumpuni untuk mengerjakan metode penambangan, pengolahan, serta pemurnian emas.

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan bahwa Antam tidak memiliki tambang emas baru sedangkan prospek emas di Indonesia dalah salah satu supply yang besar. Oleh karena itu BUMN memberanikan diri untuk masuk ke lahan tambang bekas Freeport tersebut.

Related posts

Leave a Comment