Coca Cola Resmikan Panel Surya Atap Terbesar Se Asia Tenggara di Cikarang

Coca Cola punya panel surya atap terbesar di Asia Tenggara

Source: merdeka.com

PT Coca Cola Amatil baru saja meresmikan panel surya terbesar di Asia Tenggara di pabrik Cikarang Barat. Panel Surya tersebut mempunyai kapasitas 7,13 MegaWatt dengan luas 72.000 meter persegi.

Airlangga Hartanto selaku Menteri Koordinator Bidang perekonomian memberikan apresiasi terhadap pembangunan panel surya ini. Pembangunan panel surya tersebut menghabiskan biaya investasi senilai 87 miliar dolar.

Apresiasi tersebut didasarkan pada pengembangan energi baru terbarukan. Selain itu PT Coca Cola juga membantu upaya pemerintah untuk mengurangi emisi gas rumah kaca.

Airlangga mengatakan,” Apa yang dilakukan disini, bisa mengurangi emisi gas kaca sebesar 314 juta ton. Ini adalah sesuatu yang luar biasa. Ibu Allison (Group Managing Director CCA)  tadi mengatakan, ini sama saja dengan menghemat 7.000 kendaraan yang dikendarai sleama 1 tahun.”

Dengan luas total 72.000 meter persegi, panel surya tersebut menjadi yang paling besar di Asia Tenggara dan nomor dua terbesar di Asia Pasifik. Sementara itu, panel surya tersebut juga menjadi nomor empat terbesar di dunia.

Airlangga berharap, pemasangan panel surya tersebut dapat diikuti oleh pabrik lainnya. Langkah tersebut juga didukung oleh Wakil Gubernur Jawa Barat yaitu Uu Ruzhanul Ulum yang turut hadir dalam acara peresmian tersebut.

Wagub Jawa Barat menginginkan agar pabrik-pabrik lain di Jawa Barat mengikuti langkah PT Coca Cola untuk membangun panel surya.

Hal tersebut karena panel surya merupakan energi baru terbarukan yang tidak menimbulkan polusi udara. Perlu diketahui, pabrik-pabrik juga turut menyumbang emisi gas rumah kaca. Jika pabrik-pabrik mengoperasikan panel surya sebagai sumber energi, maka emisi gas rumah kaca dapat ditekan.

Related posts

Leave a Comment