Smelter Freeport Gresik Akan Jadi Tempat Pengolahan Tembaga Terbesar di Dunia

smelter freeport gresik

Source: investor.id

Agus Gumiwang selaku Menteri perindustrian meninjau lokasi smelter PT Freeport yang berada di Gresik Jatim. PT Freeport Indonesia merupakan perusahaan tambang afiliasi dari Freeport-McMoran dan holding industri pertambangan BUMN, Mining Indonesia.

Agus mengatakan,” Banyak produk hilirisasi yang bisa dikejar, agar nantinya di Indonesia bisa ada pabrik-pabrik yang akan menggunakan hasil pemurnian dari Freeport. Nilai tambahnya bisa terus didorong.”

Perusahaan tersebut tengah mengolah pemurbian tembaga yang akan digunakan untuk bahan baku industri otomotif, kabel, elektronik, pabrik AC, instalasi listrik dan juga electric vehicle.

Proyek pemurnian tembaga PT Freeport Indonesia yang berlokasi di kawasan Industri JIIPE Gresik tersebut dibangun di atas lahan seluas 100 hektar serta supporting are dengan luas 120 hektar. Smelter ini diproyeksikan akan menjadi tempat pengolahan tembaga yang terbesar di dunia.

Sayangnya, MIND ID senagai holding industri pertambangan BUMN mengungkapkan bahwa pembangunan proyek smelter tersebut sedang mengalami kendala di mobilitas kontraktor di lapangan terkait dengan pandemi Covid-19.

JIIPE merupakan kawasan terintegrasi pertma di tanah air dengan total area seluas 3000 hektar. Kawasan ini terdiri dari kawasan industri, area komersial, pelabuhan, dan juga perumahan.

Untuk meningkatkan daya saing industri, pemerintah tengah melakukan berbagai upaya. Diantaranya adalah dengan melakukan kajian usulan kawasan industri JIIPE sebagai Kawasan Ekonomi Khusus serta kajian penurunan harga gas untuk power plant JIIPE.

Di kawasan industri JIIPE rencananya juga akan dibangun solar panel sebagai alternatif pasokan listrik. Solar panel tersebut rencananya akan dibangun secara mengapung di tujuh embung dan juga dipasang di atap pabrik. Untuk realisasi program ini, Kemenperin tengah berkoordinasi dengan lembaga dan kementerian lain.

Related posts

Leave a Comment