Komoditas Hasil Tambang Freeport Bukan Hanya Emas

tembaga adalah komoditas utama freeport

Source: minews.id

Saat mendengar nama Freeport, pasti yang terlintas di benak banyak orang adalah tambang emas. Namun sebenarnya komoditas hasil tambang PT Freeport Indonesia bukan hanya emas.

Tony Wenas selaku Presiden Direktur Freeport Indonesia mengatakan bahwa komoditas hasil tambang Freeport adalah bijih yang mengandung mineral utama tembaga. Dalam tembang tersebut juga terdapat kandungan lain yaitu emas dan juga perak.

Tony menjelaskan bahwa dalam satu ore terdapat kandungan tiga jenis logam yaitu tembaga, emas, dan perak. Produksi tembaga bahkan jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan emas.Tony membandingkan jikasatu hasil tambang bijih atau ore terdapat 1% kandungan tembaga.

Sementara itu, kandungan emas hanya bisa diperoleh 1 gram dari i ton hasil tambang ore. Hal inilah yang menyebabkan Presiden Soeharto dulu memberi nama Tembagapura untuk wilayah pemukiman para pekerja PT Freeport.

Sebagai informasi, meskipun pandemi Covid-19 tengah melanda Indonesia, PT Freeport masih dapat meningkatkan produksi tembaga dan juga emas.

PT Freeport Indonesia dapat memproduksi tembaga hingga mencapai 321 juta pon pada semester pertama tahun ini. Jumlah ini meningkat 18,8 persen jika dibandingkan dengan semester pertama tahun 2019. Tahun lalu, PT Freeport hanya menghasilkan 270 juta pon tembaga.

Sedangkan pada semester pertama tahun ini, PT Freeport dapat menghasilkan emas hingga 341 ribu ons. Jumlah ini juga meningkat sebesar 7,91 persen jika dibandingkan dengan semester pertama tahun lalu yang hanya menghasilkan emas sebesar 316 ribu ons.

Related posts

Leave a Comment