Menperin Sebut Sepeda Lokal Lebih Baik dari Brompton

menperin sebut sepeda lokal lebih baik dari brompton

Source: unitedbike.com

Agus Gumiwang selaku Menteri Perindustrian baru saja mengunjungi salah satu produsen sepeda dalam negeri yaitu PT Terang Dunia. Pabrik sepeda ini terletak di Bogor. Produsen sepeda ini merumakan perusahaan pembuat sepeda dengan merk United. Tentunya merk ini sudah sangat populer di industri sepeda.

Melalui @agusgumiwangk,IGTV Menteri Perindustrian ini tampak sedang mencoba mengendarai sebuah sepeda lipat United Bike berwarna ungu. Ia menilai bahwa kualitas sepeda buatan produsen dalam negeri tidak jauh berbeda dengan sepeda buatan Inggris, Brompton.

Agus Gumiwang mengatakan,”tadi saya mencoba mengayuhnya terasa nyaman. Saat pergantian gigi sepeda juga smooth, sepeda ini bahkan lebih baik dari sepeda Brompton.”

Pabrik sepeda United Bike ternyata juga memproduksi sepeda motor dengan tenaga listrik. Agus yakin, penggunaan motor berenergi listrik dapat mengurangi pemakaian BBM. Selain itu, motor listrik juga dinilai ramah lingkungan karena tidak menyebabkan polusi.

Agus juga mencoba mengendarai motor bertenaga listrik mirip motor matic berwarna putih. Ia mengatakan bahwa penggunaan motor listrik buatan lokal dapat mengurangi impor kita di bidang otomotif.

Kemenperin kini juga tengah mendorong produksi sepeda dalam negeri. Hal ini dikarenakan permintaan pasar dalam negeri akan sepeda semakin meningkat. Dalam masa pandemi Covid-19 ini, tren penjualan sepeda justru naik. Banyak masyarakat yang mulai sadar akan gaya hidup sehat dengan berolahraga sepeda.

Kemenperin terus mengkaji untuk menerapkan SNI atau Standar Nasional Indonesia untuk produksi sepeda dalam negeri. Selain itu, Kemenperin mengkoordinasi semua sektor industri agar dapat membuat semua komponen sepeda sendiri tanpa impor.

Sebelumnya, jenis sepeda dalam negeri yang sempat viral adalah Sepeda Kreuz. Sepeda lipat asal kota Bandung ini dinilai mempunyai kemiripan dengan sepeda asal Inggris, Brompton. Bahkan banyak yang menyebut sepeda ini sebagai Sepeda Brompton dari Bandung.

Presiden Joko Widodo juga turut memesan sepeda lipat handmade Kreuz ini. Jokowi memesan Sepeda Kreuz sebanyak dua buah. Ketenaran Sepeda Lipat Kreuz ini semakin naik. Produsen sepeda ini pun kebanjiran pesanan. Bahkan banyak pemesan yang harus inden dulu untuk mendapatkan produk sepeda lokal ini. Produsen mengaku sangat senang karena apresiasi masyarakat yang luar biasa terhadap sepeda Kreuz.

 

Related posts

Leave a Comment