Kemenperin Gelar Kompetisi Desain Produk untuk Industri Kreatif

kemenperin gelar indonesia good selection IGDS 2020

Source: igds.kemenperin.go.id

Kementerian Perindustrian mengumumkan secara virtual untuk menggelar ajang kompetisi Indonesia Good Design Selection 2020. Kompetisi IGDS 2020 ini dilaksanakan untuk mendorong para pelaku industri kreatif agar dapat go international.

Kemenperin menghimbau para pelaku bisnis khusunya industri kecil dan menengah untuk menciptakan desain produk yang berkualitas. Hal ini bertujuan agar produk yang dihasilkan dapat memenuhi selera konsumen. Selain itu, produk tersebut mampu bersaing dengan barang impor.

Kementerian perindustrian membuka pendaftaran IGDS melalui portal IGDS Kemenperin. Pendaftaran online ini dapat dilakukan mulai tanggal 22 Juli hingga 30 September.

Kompetisi ini melombakan desain original dari 10 jenis produk. Kelompok produk tersebut antara lain perabot rumah dan furnitur, aparel dan alas kaki, kantor dan publik, produk kerajinan atau industri kriya, dan perhiasan atau aksesoris.

Selain itu, ada pula kategori dekorasi rumah, alat peraga pendidikan, produk olahraga, produk anak, produk hobi, peralatan rumah tangga, fasilitas wisata, serta perawatan kecantikan dan medis.

Kategori lain yang diperlombakan adalah produk yang berhubungan dengan otomotif dan transportasi seperti aksesoris kendaraan. Di samping itu IGDS 2020 juga memuat kompetisi untuk desain alat bantu promosi atau kemasan inovatif produk.

Pemenang kompetisi IGDS 2020 akan mendapatkan trofi, piagam penghargaan serta uang pembinaan. Selain itu pemenang juga mendapatkan kesempatan untuk menggunakan logo IGDS pada produk buatannya.

Gati Wibawaningsih selaku Dirjen Industri Kecil, Menengah dan Aneka mengungkapkan harapannya agar kompetisi ini dapat menjadi ajang untuk meningkatkan daya saing setiap produk serta menambah bilai jual. Selain itu, desain produk industri kreatif juga diharapkan mampu bersaing di pasar ekspor. Secara tidak langsung tentu dapat memberikan dampak positif bagi perkembangan produk Indonesia di pasar internasional.

Untuk tahun ini, Indonesia Good Design Selection 2020 digelar dengan tema Produk Keren Indonesia. Penghargaan akan diberikan dalam dua kategori. Pertama, IGDS Dessign Produk. Penghargaan diberikan kepada desain produk yang sedang atau telah diproduksi.

Kategori yang kedua yaitu IGDS Design Concept. Penghargaan ini akan disematkan pada desain produk berkualitas yang masih dalam tahap sampel atau prototype.

Sedangkan untuk jenis penghargaan yang akan diberikan terdiri dari lima jenis. Diantaranya adalah Best 20, Good Design, Peoples Choice, Best 3, dan Grand Award.

Related posts

Leave a Comment