Dukung UMKM, Kemendag Galakkan Program Kamis Optimis

menteri perdagangan mengajak untuk menggunakan produk Indonesia

Source: nawacita.co.id
Menteri Perdagangan, Agus Suparmanto menerapkan program Kamis Optimis di lingkungan kerja Kementerian Perdagangan. Program ini mengajak seluruh pegawai untuk menggunakan produk buatan Indonesia.

Komitmen ini adalah langkah yang nyata untuk mendukung pelaku UMKM untuk menghasilkan produk lokal berkualitas. Langkah ini sesuai dengan arahan Presiden tentang gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia.

Tujuan dari program Kamis Optimis adalah untuk meningkatkan pembelian produk lokal. Selain itu, langkah ini dapat mendorong pelaku UMKM agar tetap produktif. Disamping itu, dengan menggunakan produk buatan lokal tentunya dapat meningkatkan rasa cinta pada tanah air.

Agus mengatakan,”produk buatan Indonesia memiliki kualitas yang sangat baik dan memiliki daya saing tinggi. Oleh karena itu pemerintah akan mendorong UMKM agar dapat berjualan secara offline maupun online. Agar dapat bertahan saat pandemi, pelaku UMKM harus beradaptasi dengan teknologi agar dapat berjualan online.”

Agus menambahkan bahwa diperlukan kerjasama antara masyarakat dan pemerintah untuk mendukung UMKM. Bangga dengan menggunakan produk dalam negeri tentunya dapat menjadikan perekonomian Indonesia lebih kuat.

Kementerian Perdagangan saat ini telah berupaya untuk memulihkan perekonomian bangsa. Salah satunya adalah dengan cara mendorong UMKM agar dapat meningkatkan bisnisnya. Banyak kebijakan yang diambil untuk menyelamatkan UMKM.

Diantaranya adalah dengan memberikan pelatihan agar UMKM dapat Go-digital dan memasarkan produknya secara online. Hal ini adalah langkah yang efektif untuk menjangkau konsumen yang lebih luas lagi. Selain itu, pemerintah juga memudahkan UMKM untuk mengatasi masalah modal dengan penyaluran kredit melalui Digiku.

Semua langkah nyata ini dapat berhasil jika pemerintah dan masyarakat bersinergi untuk membangun perekonomian bangsa. Hal yang paling mudah yaitu dengan mulai menggunakan produk buatan bangsa sendiri. Dengan begitu, roda perekonomian bangsa dapat terus berjalan.

Related posts

Leave a Comment