Bersama Kimia Farma, Pertamina Siap Olah Produk Farmasi

pertamina dan kimia farma siap produksi bahan baku farmasi

Source: liputan6.com

PT Kilang Pertamina Internasional baru saja mengumumkan bahwa akan bekerja sama dengan PT Kimia Farma Tbk. Kolaborasi ini bertujuan untuk mengolah produk petrokimia untuk dijadikan bahan baku produk farmasi. Misalnya adalah bahan paracetamol.

PT Kilang Pertamina Internasional telah menandatangani MoU atau nota kesepahaman dengan Kimia Farma. Dalam hal ini kedua perusahaan sepakat untuk melalkukan kerjasama untuk mengembangkan industri petrokia. Khususnya, kedua perusahaan ini akan memproduksi bahan baku obat.

Acara penandatanganan nota kesepahaman dilakukan dengan cara virtual. MoU ini ditandatangani oleh Ignatius Tallulembang selaku Dirut Kilang pertamina Internasional dengan Verdi Budidarmo selaku Dirut Kimia Farma. Penandatanganan MoU ini juga disaksikan oleh Dirut pertamina Nicke Widyawati, Wakil Menteri BUMN yakni Budi Gunadi Sadikin, serta Dirut PT Biofarma yaitu Honesti Basyir.

Gunadi Sadikin menuturkan bahwa kerja sama yang dilakukan antara Kimia Farma dan Pertamina ini sesuai dengan arahan yang diberikan Presiden Joko Widodo. Tujuan kerjasama ini adalah untuk menjadikan industri farmasi nasional lebih mandiri.

Selain itu, Nicke Widyawati selaku Dirut Pertamina juga menambahkan bahwa pemerintah ingin mengurangi ketergantungan negara dalam impor bahan baku farmasi. Oleh karena itu, Pertamina akan menjadikan produk petrokimia menjadi andalan saat terjadinya transisi energi di masa depan. Pertamina akan mencari peluang agar dapat memproduksi logistik dan bahan baku farmasi.

Untuk merealisasikan kerja sama ini, Pertamina mempersiapkan Kilang Cilacap untuk menjadi tempat pengolahan produk Petrokimia menjadi bahan baku obat. Pertamina juga akan melanjutkan produksi di kilang lainnya. Hal ini dikarenakan pertamina ingin fokus untuk mengembangkan sektor bisnis petrokimia di amsa yang akan datang.

Untuk melakukan efisiensi anggaran untuk biaya operasional, Pertamina juga akan melanjutkan proses pembangunan kilang di Tuban. Integrasi kilang TPPI di Tuban dengan proyek GRR atau Grass Root Refinery juga telah disiapkan.

Dengan begitu, kilang Cilacap dan Tuban dapat merubah mode produksinya. Kilang dapat memproduksi Bahan bakar minyak ataupun petrokimia sesuai dengan permintaan.

Related posts

Leave a Comment