Jaga Kestabilan Harga, PTPN Jual Gula Eceran Langsung ke Ritel

PTPN jual gula eceran langsung ke pasar ritel

Source: ptpn10.co.id

Badan usaha Milik Negara sektor Perkebunan yakni PTPN Holding Company kini resmi merambah distribusi produk gula ke pasar ritel. PTPN kini memproduksi gula putih dalam kemasan 1 kilogram untuk langsung dipasarkan melalui toko ritel.

Sebelumnya, PTPN hanya memproduksi gula dan dijual ke pabrik pengemasan. Setelah itu, pabrik-pabrik pengemasan tersebut akan mendistribusikan gula ke konsumen. Produksi gula kemasan ini merupakan program baru.

PTPN akan mendistribusikan gula kemasan eceran ini ke pasar-pasar yang berlokasi dekat dengan pabrik gula yang dimiliki Holding PTPN. Dengan memperpendek rantai distribusi, diharapkan dapat memberi efisiensi untuk biaya distribusi.

Dengan demikian, PTPN bisa menjamin ketersediaan gula serta kestabilan harga gula. Kini PTPN berupaya untuk menjaga harga gula agar stabil di angka Rp 12.500 per kilogram.

Muhammad Abdul Ghani selaku Dirut Holding PTPN III mengatakan bahwa PTPN akan fokus untuk melakukan distribusi di wilayah Pulau Jawa khusunya Jawa Timur dan Jawa Tengah. Hal ini dikarenakan Pulau Jawa memiliki penduduk yang padat.

Namun, PTPN sebagai salah satu perusahaan BUMN memastikan bahwa pihaknya tidak akan menguasai pasar untuk penjualan gula. PTPN tidak akan menguasai porsi perusahaan swasta. PTPN hanya akan memastikan kestabilan harga gula di sekitar Pabrik Gula miliknya.

Direktur Pemasaran Holding PTPN III yaitu Dwi Sutoro menambahkan bahwa pihak PTPN hanya kan mendistribusikan gula eceran ini ke pasar yang dekat dengan lokasi PG milik PTPN. Sementara itu, untuk wilayah di luar PG akan tetap menggunakan jalur distribusi biasanya. Dengan demikian, peran perusahaan swasta distributor gula tetap akan berperan.

PTPN juga menjamin ketersediaan gula bagi pabrik-pabrik pengemasan. Jadi meskipun PTPN mengemas produk gula siap ecer, PTPN akan tetap menjual gulanya pada perusahaan pengemasan swasta. Proses penjualan tersebut akan dilakukan dengan cara lelang.

Related posts

Leave a Comment