Kemenperin Pacu Daya Saing Industri Kreatif Lewat IGDS 2020

indonesia good design selection 2020

Source: kemenperin.go.id

Kementerian Perindustrian berupaya untuk memacu daya saing pelaku industri kreatif dan desain produk. Hal ini dikarenakan dua sektor industri ini mempunyai kontribusi yang cukup penting untuk perekonomian Indonesia.

Selain itu, kini pasar global mulai melirik hasil karya Indonesia di bisang industri kreatif. Menurut data dari Global Industrial Design Market 2020, nilai desain produk industri untuk pasar global cukup besar. Nilai tersebut mencapai 45,38 miliar dollar.

Gati Wibawaningsih selaku Direktur Jenderal Industri Kecil, Menegah, dan Aneka Kemenperin mengatakan bahwa tingkat pertumbuhan sektor industri kreatif meningkat hingga 5,3%. Nilai ini menunjukkan bahwa peluang untuk berkembang di industri kreatif sangatlah besar.

Untuk itu, pemerintah berupaya mendorong para pelaku industri kreatif agar semakin inovatif. Dengan hasil karya yang baik pastinya, produk mereka akan lebih diminati oleh pasar global.

Langkah yang dilakukan pemerintah adalah dengan memberikan apresiasi serta pembinaan bagi para pelaku industri kreatif. Salah satu program pemerintah untuk membina pelaku industri adalah dengan program Design Laboratory Bali Creative Industru Center. Melalui program ini, Kemenperin memberikan pembinaan agar produk yang dihasilkan mampu berorientasi dengan kebutuhan pasar.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, pemerintah selalu melibatkan para praktisi dan akademisi untuk melakukan pembinaan. Pendampingan yang dilakukan meliputi manajemen strategi, business opportunity, operasi, pemasaran, dan manejemen keuangan.

Selain itu, Kemenperin juga memberikan apresiasi melalui program Indonesia Good Design Selection. Program ini merupakan bentuk penghargaan yang diberikan pada pelaku industri kreatif. Program ini telah dilaksanakan selama 17 tahun. Untuk tahun ini, tema yang diambil adalah Produk keren Indonesia.

Tujuan dari program ini adalah untuk mendorong para desainer dan pelaku industri agar lebih kreatif dalam mengembangkan produk industri mereka. Pemenang dari program Indonesia Good Design Selection kan diikutsertakan dalam kontes tingkat Asia yakni Golden Pin Design Award 2020.

Related posts

Leave a Comment