BPDPKS Kembangkan Sabun dan Hand Sanitizer dari Sawit

BPDPKS kembangkan sabun dan hand sanitizer dari sawit

Source: sawitplus.co

Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit atau BPDPKS kini dalam proses mengembangkan produk hand sanitizer dan sabun yang berbahan dasar kelapa sawit. Upaya ini dimaksudkan untuk meningkatkan produktifitas petani sawit dan pelaku UMKM.

Muhammad Ferdian selaku Plt Direktur Kemitraan BPDPKS mengatakan bahwa sedang bekerja sama dengan UMKM binaan serta Pusat penelitian Surfaktan dan Bioenergy. Kerja sama ini bertujuan untuk menciptakan produk sanitasi tangan dan sabun dengan bahan dasar kelapa sawit.

Produk sabun dan hand satitizer dipilih karena memang kedua produk ini sedang dibutuhkan masyarakat selama pandemi ini. Rencananya BPDPKS akan meluncurkan produk tersebut pada tanggal 17 Agustus 2020. Momen perilisan akan bersamaan dengan Hari Kemerdekaan RI.

Selain produk sabun dan hand satnitizer, pihak BPDPKS juga tengah mengembangkan produk lainnya. Bekerja sama dengan petani, pihaknya juga tengah mengembangkan produk bahan bakar dan pangan yang berasal dari kelapa sawit.

BPDPKS berharap produk-produk tersebut bisa memenuhi kebutuhan petani. Untuk itu, BPDPKS mempersiapkan petani swadaya untuk memasok bahan baku pada industri biohidrokarbon.

Selain itu, BPDPKS memacu pemberdayaan UMKM yang dilakukan dengan menyiapkan kebun berproduktifitas tinggi. Pihak BPDPKS juga melakukan program peremajaan rakyat. Di samping itu, pihaknya juga menyediakan sarana prasarana untuk perkebunan.

BPDPKS juga mendukung penelitian untuk memproduksi biohidrokarbon yang berasal dari sawit. Penelitian lainnya adalah pembuatan katalis dengan bahan dasar sawit.

Dewi Syarlen selaku Asisten Deputi Pertanian dan perkebunan Kementerian Koperasi dan UKM mengatakan bahwa banyak petani sawit yang mengalami berbagai tantangan. Untuk itu, pihaknya berupaya membantu petani sawit.

Salah satu upaya tersebut adalah dengan melakukan kemitraan di sektor pertanian. Selain itu pemerintah juga melakukan relaksasi serta restrukturisasi kredit. Pemerintah juga berupaya melakukan digitalisasi dalam sektor pertanian.

Beberapa upaya tersebut diharapkan bisa membantu meringankan beban petani. Dan juga diharapkan petani dapat lebih produktif.

Related posts

Leave a Comment