Bantuan Modal Rp 2,4 Juta Per UMKM Cair Bulan Ini

bantuan UMKM Rp 2,4 juta cair bulan agustus

Source: idntimes.com

Pemerintah akan menggelontorkan bantuan modal untuk pelaku UMKM yang tidak memiliki akses untuk pinjaman modal ke perbankan. Setiap UMKM akan mendapat bantuan sebesar Rp 2,4 juta. Pemerintah akan memberikan bantuan ini untuk 12 juta UMKM di seluruh Indonesia.

Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani menyatakan bahwa program bantuan ini akan dilaksanakan pada bulan Agustus ini. Pemberian program bantuan ini akan diumumkan secara langsung oleh Presiden Joko Widodo ataupun oleh Satgas Pemulihan Ekonomi Nasional.

Dalam webinar Gotong-Royong, Sri Mulyani mengatakan bahwa saat ini pemerintah sedang mmproses data dan rencananya akan diumumkan oleh Presiden pada tanggal 17 Agustus nanti.

Sri Mulyani juga mengungkapkan bahwa masalah data menjadi tantangan terberat dalam peluncuran program bantuan ini. Oleh karena itu, saat ini pemerintah sendang dalam proses pemberesan data UMKM. Hal ini dimaksudkan agar bantuan ini bisa tepat sasaran.

Sri Mulyani menambahkan bahwa jika anggaran diberikan saat data masih belum dibereskan, kemungkinan akan terjadi akan ada pihak yang menerima dua bantuan. Sednagkan ada pula pihak lain yang belum mendapatkan bantuan sama sekali. Jika hal ini terjadi, maka akan timbuk reaksi pada masyarakat karena menganggap pemerintah tidak adil.

Oleh karena itu, pemerintah bertindak sangat hati-hati agar bantuan tersebut tidak salah sasaran. Salah satu upayanya adalah dengan melakukan pemberesan data seakurat mungkin. Pemerintah juga harus mempertanggunjawabkan pelaporan bantuan tersebut kepada BPK.

Total anggaran yang dipersiapkan untuk bantuan kepada UMKM ini senilai Rp 28,8 triliun. Anggaran tersebut akan dibagikan kepada 12 juta UMKM. Jadi, setiap UMKM akan mendapatkan bantuan modal senilai Rp 2,4 juta.

Pemberian bantuan ini dimaksudkan untuk mendukung pemulihan perekonomian nasional. Sehingga, para pelaku UMKM yang terdampak pandemi ini tetap bisa produktif.

Related posts

Leave a Comment