Kemenperin Jamin Keamanan Air Minum Galon PET dan PC

kemenperin jamin keamanan galon PET dan PC

Source: klikdokter.com

Kementerian Perindustrian menjamin bahwa air minum dalam kemasan galon Polietilena tereftlat (PET) dan Polycarbonate (PC) aman untuk dikonsumsi.

Hal ini dikarenakan Air Minum dalam kemasan tersebut sudah melalui pengujian SNI di laboratorium. Selain itu AMDK tersebut juga telah memperoleh keabsahan dari Komite Akreditasi Nasional.

Abdul Rochim selaku Dirjen Industri Argo Kementerian perindustrian mengatakan,”Pengawasan terhadap produk AMDK juga dilakukan secara berkala, termasuk di dalamnya pengawasan terhadap fasilitas dan proses pembersihan galon isi ulang.”

Rochim menambahkan bahwa ada produk air minum yang menggunakan kemasan galon PET dan PC. Jenis kemasan ini mempunyai keunggulan sendiri-sendiri.

Galon PET dapat didaur ulang. Sedangkan galon PC dapat dipakai kembali setelah melalui proses pembersihan yang tepat.

Regulasi untuk kemasan pangan diatur dalam Peraturan menteri Perindustrian no 24 tahun 2010 tentang Pencantuman Logo Tara Pangan dan Kode Daur Ulang untuk kemasan pangan plastik.

Rochim menjamin bahwa jenis PET maupun PC termasuk dalam kemasan yang aman digunakan untuk produk pangan. Ia juga menjelaskan bahwa produk air minum dalam kemasan yang beredar di Indonesia telah memnuhi SNI 6241:2015, SNI 3553:2015, SNI 6242:2015, serta SNI 7812:2013.

Hal ini sesuai dengan persyaratan Sertifikasi Produk penggunaan Tanda Standar Nasional Indonesia. Hal ini juga tercantum dalam Permenperin no 26 tahun 2019 mengenai pemberlakuan SNI Air Mineral, Air Demineral, Air Mineral Alami, serta Air Minum Embun.

Rochim menekankan agar produk pangan yang telah terdaftar MD BPOM harus pula memenuhi syarat keamanan kemasan. Hal ini dikarenakan industri makanan dan minuman adalah salah satu sektor industri yang memberikan kontribusi positif untuk perekonomian nasional.

Terbukti, meskipun mengalami tekanan akibat pandemi, sektor industri makanan dan minuman dapat tumbuh 0,22 persen.

Related posts

Leave a Comment