Kemenperin Gelar Program Indonesia Food Innovation

Kemenperin luncurkan program IFI

Source: infopublik.id

Kementerian Perindustrian mendorong pelaku industri kecil dan menengah di bidang pangan agar bisnisnya dapat bersaing di kancah global. Upaya yang dilakukan adalah dengan meluncurkan program Indonesian Food Innovation atau IFI.

Gati Wibawaningsih selaku Direktur Jenderal Industri Kecil, menegah dan Aneka Kemenperin mengatakan bahwa pihaknya terus mamacu agar pelaku industri IKM pangan dapat berinovasi baik dari segi produk atupun proses produksi.

Kemenperin juga mendorong agar pelaku industri pangan mengutamakan penggunaan bahan baku lokal.

Dirjen IKMA menambahkan bahwa program Indonesian Food Innovation ini dapat memacu inovasi serta pengembangan bisnis IKM pangan. Gati berharap seluruh IKM tersebut dapat menjadi usaha yang profitable, marketable, dan sustainable.

Peluang binis sektor IKM pangan masih terbuka lebar karena banyaknya SDM yang produktif untuk menjalankan bisnis tersebut. Sementara itu, kini juga mulai bermunculan inkubator bisnis yang menciptakan startup di bidang industri makanan dan minuman.

Menurut catatan Kemenperin, jumlah pelaku IKM sektor makanan dan minuman di Indonesia sebanyak 1,86 juta unit. Jumlah ini setara dengan 43,41% dari jumlah seluruh usaha IKM. Industri ini juga telah meyerap tenaga kerja sejumlah 4,11 juta orang.

Gati berharap melalui program Indonesian Food Innovation ini IKM pangan mampu menyiapkan diri untuk beradaptasi serta berinovasi. Selain itu, diharapkan mereka juga dapat membaca kebutuhan masyarakat di dalam negeri ataupun global.

Selain itu, Kemenperin juga mendorong semua pihak seperti kepala dinas perindustrian ataupun Ketua asosiasi untuk bekerja sama mengembangkan wirausaha baru dalam sektor pangan.

Peserta IFI yang lolos tahap seleksi akan mengikuti program Food Camp dan akan mendapatkan pembinaan dari para ahli dan profesional. Sehingga mereka mampu meningkatkan kualitas dan kapabilitas mereka menuju industri pangan yang lebih modern.

Related posts

Leave a Comment