Kemenperin Gelar Indonesia Fashion and Craft Awards IFCA 2020

IFCA 2020

Source: youtube.com

Desain produk serta unsur bahan baku merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Aspek sustainability atau keberlanjutan menjadi faktor penting yang kini menjadi tren di masyarakat. Oleh karena itu, Kementerian Perindustrian memacu proses produksi yang berkelanjutan dalam industri fashion dan kerajinan.

Gati Wibawaningsih selaku Ditjen IKMA mengatakan bahwa desain tidak hanya bertujuan untuk memberi nilai tambah produk. Namun, desain tersebut haruslah dapat mengurangi dampak negatif bagi limhkungan.

Oleh karena itu, Ditjen IKMA menggelar kompetisi desain bertajuk Indonesia Fashion and Craft Awards (IFCA) 2020. Tujuan diselenggarakannya kompetisi ini adalah untuk mencari desainer muda di bidang fashion dan kerajinan dengan visi sustainability.

Gati mengungkapkan bahwa Kemenperin telah memberikan banyak pelatihan pada pelaku industri fashion dan kerajinan. Pelatihan tersebut memberikan pengetahuan mengenai target pasar. Dan sekarang, pihaknya mendorong para pelaku industri tersebut agar bisa berkontribusi pada isu keberlanjutan lingkungan.

Menurut data dari World Economic Forum, produksi fashion mengalami peningkatan hingga 2 kali lipat. Hal ini memberikan dampak negatif bagi lingkungan karena 85% produk fashion ini tidak bisa didaur ulang. Selain itu, industri fashion juga berkontribusi menyebabkan polusi sebesar 10% emisi karbon.

Oleh karena itu, Kemenperin berharap agar pelaku industri kreatif terutama produk fashion bisa lebih peduli untuk mencapai Sustainable Development Goal. Diharapkan para pelaku industri bisa lebih memperhatikan isu lingkungan, sosial, dan ekonomi.

Sasaran utama kompetisi IFCA 2020 adalah desainer muda yang berusia di bawah 30 tahun. Selain itu, diharapkan desainer-desainer ini peka terhadap isu sosial dan lingkungan. Mereka tidak hanya bisa meningkatkan daya saing produk tetapi juga menghasilkan desain yang ramah lingkungan.

Pemenang IFCA 2020 akan mendapatkan hadiah sebesar Rp 30 juta untuk juara pertama, Rp 20 juta untuk juara kedua, serta Rp 15 juta untuk juara ketiga.

Kemenperin membuka pendaftaran IFCA 2020 ini mulai 26 Agustus sampai 30 September 2020. Untuk informasi lebih lanjut mengenai program IFCA 2020, calon peserta bisa mengakses situs BCIC Kemenperin di bcic-ikm.net.

Related posts

Leave a Comment