Kemenperin Hadirkan BMBIFest 2020 dan Resmikan Galeri Mesin Lokal

BMBIfest 2020

Source: indotech-group.co.id

Kementerian Perindustrian menyelenggarakan Festival Virtual Bangga Mesin Buatan Indonesia (BMBIfest). Acara ini merupakan pameran virtual yang digelar Kemenperin untuk menindaklanjuti program #banggaBuatan Indonesia.

Pameran virtual ini bertujuan untuk mengatasi dampak pandemi terhadap Industri Kecil dan Menengah serta agar masyarakat mengutamakan untuk berbelanja produk IKM.

Agus Gumiwang selaku Menteri Perindustrian mengatakan,” Acara ini diselenggarakan untuk mempermudah akses masyarakat Indonesia utamanya pelaku industri menemukan pelaku IKM pembuat peralatan atau permesinan lokal, sekaligus untuk memperluas dan menggairahkan pemasaran dan jaringan IKM peralatan dan permesinan Indonesia.”

Festival virtual ini akan dilaksanakan mulai tanggal 15 hingga 17 September 2020. Acara akan disiarkan secara langsung melalui situs BMBIfest.

Acara ini melibatkan 47 IKM di sektor permesinan, Blibli, BRI, dan juga Ditjen IKMA atau Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka.

Dalam acara tersebut juga akan digelar webinar yang akan membahas enam topic menarik. Diantaranya adalah agroindustri dan agrobisnis untuk menjaga ketahanan pangan nasional. Serta ada pula webinar dengan topik inovasi produk IKM saat pandemi.

Melalui festival tersebut, akan diluncurkan pula virtual hub produk mesin hasil karya IKM di Blibli. Nama dari official store pada ecommerce tersebut adalah Galeri Mesin Lokal.

Toko virtual ini akan menampung hasil karya IKM yang bergerak dis ektor permesinan dengan 7 kategori. Kategori produk tersebut antara lain mesin industri, mesin pengolahan makanan dan minuan, mesin ataupun alat kesehatan, mesin pertanian dan perikanan, serta alat transportasi.

Melalui Galeri Mesin Lokal, Kemenperin berharap agar toko virtual tersebut dapat menjadi peluang bagi pelaku IKM mesin dan peralatan agar dapat memperluas pasar mereka.

Related posts

Leave a Comment