Gandeng Telkom, PDAM Kini Go Digital Dengan Smart Metering

smart metering PDAM

Source: telkomseliot.com

PT Telkom Indonesia mendukung inovasi para pelaku usaha salah satunya adalah dengan memanfaatkan teknologi. Hal ini terlihat dalam kerja sama antara PT Telkom dan PDAM atau Perusahaan Air Minum Daerah.

Melalui Kerja sama tersebut terciptalah program Smart Metering. Dengan program tersebut, PDAM dapat mendigitalisasi seluruh perangkat kerja dengan menggunakan sistem billing yang etrintegrasi dan basis data terpusat. Selain itu, dashboard pengelolaan air juga terdigitalisasi.

Rudie Kusmayadi selaku Direktur Utama Perumda Tirta Raharja antusias dan menyambut baik sistem Smart Metering untuk pengelolaan air tersebut. Ia menyebutkan bahwa Perumda Tirta Raharja sedang mengujicoba teknologi Smart Metering yang menggunakan program Internet of Thing dari Telkom. Hasilnya pun sangat memuaskan.

Rudie mengatakan bahwa implementasi dari Smart Metering tersebut dilakukan di Pusat pengolahan Air Minum Tirta Raharja yang berlokasi di Cipageran, Cimahi, Jawa Barat.

Uji coba yang dilakukan tersebut juga disaksikan oleh Edi Witjara selaku Direjtur Enterprise dan Business Service Telkom. Selain itu, hadir pula jajaran Dewan Pimpinan Pusat Perpamsi dan juga Direksi Perumda Tirta Raharja.

Rudie berharap bahwa penerapan Teknologi Smart Metering ini tidak hanya dilaksanakan di Tirta Raharja namun di seluruh PDAM yang menjadi anggota Perpamsi di seluruh Indonesia.

Edi Witjara juga menyatakan komitmennya untuk endukung inovasi pemanfaatan sistem Smart Metering dengan menggunakan Internet of Thing.

Edi mengatakan,” Kami telah menyiapkan berbagai solusi Smart Metering yang menggunakan network LoRaWan dan platform Antares untuk menjamin keandalan solusi tersebut. Bahkan solusi ini juga bisa untuk layanan utilitas lainnya, seperti gas dan listrik.”

Sebagai informasi, perpamsi adalah organisasi untuk PDAM di seluruh Indonesia yang menghimpun lembaga yang berhubungan dengan bidang air minum. Misalnya adalah Kementerian PUPR, BPPN, dan lembaga donor untuk PDAM.

Related posts

Leave a Comment