Pemerintah Akan Tentukan Bahan Untuk Masker SNI

BSN akan umumkan bahan masker kain SNI

Source: vaznews.com

Pemerintah akan menentukan bahan yang akan dibuat masker kain sesuai dengan SNI. Nantinya, produsen masker kain harus mengikuti ketentuan tentang bahan yang telah ditentukan oleh pemerintah.

Donny Purnomo selaku Kepala Bidang Akreditasi Laboratorium Kalibrasi Badan Standarisasi Nasional mengatakan bahan SNI yang ditetapkan oleh pemerintah bertujuan agar dijadikan acuan untuk para produsen masker, pemangku kepentingan, dan juga pembeli masker.

Badan Standarisasi Nasional akan melakukan sosialisasi terkait bahan atau jenis kain untuk membuat masker. Selain itu, BSN juga akan menginformasikan tentang tata cara pembuatan masker sesuai standar.

Dalam minggu ini, BSN akan mengumumkan bahan atau jenis kain apa yang sesuai untuk membuat masker kain yang aman. Saat ini, industri masker kain rumahan sedang berkembang pesat. Jadi agar tidak mengganggu perkembangan bisnis tersebut, BSN akan mensosialisasikan terlebih dahulu.

Pemilihan kain untuk masker merupakan faktor penting untuk keamanan masker. Misalnya, kain tersebut mengguanakan pewarna yang mengandung logam berat yang tinggi. Selain itu, BSN juga akan memberikan sosialisasi tentang bahan kain batik yang cocok untuk masker.

Badan Standarisasi Nasional akan memberikan sosialisasi melalui platform online seperti Facebook dan Instagram agar menjangkau masyarakat luas.

Dalam aturan SNI 8914:2020, ada tiga tipe kain untuk pembuatan masker. Tipe A adalah untuk masker kain penggunaan umum. Sementara itu, masker tipe B adalah untuk filtrasi bakteri. Sedangkan Tipe C digunakan untuk filtrasi partikel.

Masker kain tipe A memiliki daya tembus udara serta daya serap kurang dari 60 detik. Sementara semua tipe masker kain tersebut harus bebas dari kadar formaldehida hingga 75 mg/kg. Jika masker memenuhi kriteria diatas maka masker tersebut akan lolos uji SNI.

Related posts

Leave a Comment