Pelaku UMKM Bisa Dapatkan Sertifikat Halal Secara Gratis

UMKM bisa dapat sertifikat halal secara gratis

Source: tribunnews.com

Menkop UKM Teten Masduki menjelaskan bahwa dengan disahkannya UU Cipta Kerja merupakan momentum kebangkitan UMKM di Indonesia. Hal ini karena UU tersebut mengatur kemudahan pelaku UMKM untuk mendapat sertifikasi halal dari pemerintah secara gratis.

Teten menambahkan bahwa selama ini biaya pengurusan sertifikasi halal menjadi beban bagi para pelaku UMKM. Sertifikat halal tidak hanya mahal tetapi juga sulit proses pengurusannya. Hal inilah yang menyebabkan bayak sektor usaha mikro yang belum memiliki sertifikasi halal.

Label halal ini sangat penting untuk menambah daya saing dan juga nilai ambah produk UMKM. Selain itu, untuk UMKM yang bergerak di bidang kesehatan dan keamanan juga memerlukan Standar Nasional Indonesia diamping sertifikat halal.

Teten menjelaskan,” Ini beban UMKM selama ini, sehingga sulit menjualnya. Dengan disahkannya UU Cipta Kerja, ini digratiskan dan ditambah dengan adanya lembaga yang melakukan pengujian dan MUI yang mengeluarkan.”

Menkop UKM mengatakan bahwa 97% penyerapan tenaga kerja di Indonesia adalah di sektor UMKM. Oleh karena itu, dengan disahkannya UU Cipta kerja pastinya dapat memperkuat UMKM untuk berkembang serta berdaya saing. Hal ini berdampak pada penyerapan tenaga kerja yang lebih banyak.

Masa pandemi juga akan menjadi tonggak kebangkitan UMKM karena banyak pelaku UMKM yang melakukan inovasi dan juga adaptasi untuk menjaga kelangsungan bisnis mereka. Misalnya, 60% pelaku UMKM di bidang makanan dan minuman mengalami peningkatan penjualan selama pandemi.

Teten menegaskan,” Sektor yang digali terutama produk makanan dan minuman, karena 60 persen pelaku UMKM di usaha makanan dan minuman. Banyak pelaku usaha melakukan inovasi produk, contohnya makanan beku yang dikirim secara daring ke rumah-rumah. Orang sekarang lebih terbiasa belanja online, sehingga membantu mendorong adaptasi produk.”

Related posts

Leave a Comment