Kemenperin Rilis Program Startup4Industry

kemenperin gelar startup4industry

Source: startup4industry.id

Sebagai komitmen untuk mewujudkan Making Indonesia 4.0, Kemenperin meluncurkan program Startup4Industry. Langkah ini memiliki tujuan untuk menghubungkan pelaku industri dan masyarakat terhadap peran perusahaan startup sebagai penyedia teknologi.

Agus Gumiwang Kartasasmita selaku Menteri Perindustrian mengatakan,” Kerja sama dengan pelaku startup diharapkan memberikan manfaat kepada sektor industri prioritas yang terdapat dalam roadmap Making Indonesia 4.0.”

Menteri Perindustrian menyebutkan bahwa terdapat tujuh sektor yang akan menjadi pionir untuk penerapan industri 4.0 di Indonesia. Ketujuh industri tersebut meliputi sektor makanan dan minuman, otomotif, tekstil dan pakaian, elektronik, kimia, farmasi, dan juga alat kesehatan.

Diharapkan, industri 4.0 dapat membawa dampak positif bagi amsyarakat. Program Startup4Industry mengusung tema “Indonesia Percaya Diri dengan Teknologi Dalam Negeri”. Melalui pemanfaatan teknologi modern, program ini diharapkan dapat memberikan andil untuk emngurangi dampak pandemi untuk bidang industri.

Kemenperin tidak hanya berkomitmen untuk mendorong subtitusi impor produk namun juga untuk penggunaan teknologi. Pemerintah telah menetapkan target subtitusi imporsenilai 35% pada tahun 2022. Hal ini juga dilakukan sebagai akselerasi pemulihan ekonomi nasional.

Selain itu, pelaku industri juga diharapkan dapat mencapai potensi pasar baru yang mungkin muncul akibat pandemi. Hal tersebut sejalan dengan transformasi digital dimana kebutuhan inovasi teknologi akan semakin meningkat.

Program Startup4Industry turut mendukung rebooting ekonomi melalui sektor usaha IKMselama pandemi. Hal ini dikarenakan starup industry masih didominasi pengusaha dengan skala menengah. Program etrsebut juag sejalan dengan UU Cipta kerja yang dibuat untuk memberi kemudahan pelaku UMKM.

Program Startup4Industry ini diharapkan dapat mencapai tujuan making Indonesia 4.0. peta jalan tersebut memandu pelaku usaha di sektor industry melalui penggunaan teknologi digital. Tujuannya adalah untuk meningkatkan produktifitas dan juga kualitas sehingga dapat bersaing di kancah global.

Related posts

Leave a Comment