LPPOM MUI dan BPJPH Bekerja Sama Untuk Sertifikasi Halal Produk UMKM

sertifikasi halal

Source: tribunnews.com

Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH)Kemenag bekerja sama dengan LPPOM MUI untuk memfasilitasi pelaku UMKM untuk pengurusan sertifikat halal tahun 2020.

Kerja sama tersebut ditandai dengan penandatanganan kerja sama oleh Matsuki selaku Kepala Pusat registrasi dan Sertifikasi Halal BPJPH dan Muti Arintawati selaku Wakil Direktur LPPOM MUI.

Zainut Tauhid Sa’adi selaku Wakil Menteri Agama mengapresiasi kolaborasi antara LPPOM MUI dan BPJPH. Hal ini dikarenakan pelaku usaha mikro dan kecil memiliki kontribusi yang besar terhadap perekonomian di Indonesia. Bahkan 98% dari total usaha di Indonesia merupakan UMKM.

Zainut mengatakan,” Pemerintah memberikan perhatian lebih kepada UMK karena berperan sebagai tulang punggung ekonomi nasional. Program fasilitasi ini sebagai salah satu bentuknya.”

Menurut Zainut, program ini sangat menguntungkan bagi pelaku usaha kecil dan mikro yang terdampak pandemi Covid-19. Oleh karena itu, pemerintah memprioritaskan pelaku usaha mikro dan kecil agar roda perekonomian dapat berputar.

Selain itu, Kementerian Agama telah mengalokasikan anggaran untuk memfasilitasi sertifikasi halal untuk para pelaku usaha mikro dan kecil. Sertifikasi halal ini diharapkan bisa membantu pelaku UMK untuk dapat beradaptasi di arus pedagangan global dan juga pandemi.

Sertifikat halal ini diharapkan dapat meningkatkan daya jual dan juga nilai tambah produk. Selain itu, sertifikat halal juga dapat meningkatkan kepercayaan diri pelaku usaha dan juga memperluas akses pasar produk tersebut.

Zainut menambahkan,” Saya berharap fasilitasi sertifikasi halal ini dapat memberikan kontribusi positif guna terciptanya kolaborasi untuk penyelenggaraan jaminan produk halal dan pemenuhan kewajiban bersertifikat halal bagi pelaku usaha, utamanya usaha mikro dan kecil.”

Related posts

Leave a Comment