Wardah Ekspor 6 Kontainer Produk Kosmetik Ke Malaysia

Wardah ekspor ke Malaysia

Source: wardahbeauty.com

PT Paragon Technology and Innovation yang membawahi merek kosmetik ternama seperti Wardah, Make Over dan Emina memperluas pasar kosmetik halal hingga ke Malaysia. Baru-baru ini, perusahaan ini berhasil mebgekspor 6 kontainer produk kecantikan berupa kosmetik dan perawatan wajah ke Malaysia. Nilai ekspor ini mencapai Rp 22,9 miliar.

Agus Suparmanto selaku Menteri perdagangan mengungkapkan bahwa Wardah adalah salah satu brand kosmetik halal asal Indonesia yang berkualitas. Dengan adanya ekspor ini membuktikan bahwa produk kosmetik lokal cukup kompetitif sehingga permintaan masih tinggi.

Harman Subakat selaku CEO Paragon Group menuturkan bahwa perusahaannya optimis bisa merambah pasar negara lain sehingga bisa berkontribusi untuk perekonomian Indonesia.

Sebagai informasi, Wardah resmi diekspor ke negara Malaysia sejak tahun 2017. Sebelumnya, brand kosmetik halal ini telah beredar di negara Malaysia sejak tahun 2012 bekerja sama dengan perusahaan dari negara tersebut.

Selain Wardah, perusahaan kosmetik lain yang berhasil mengekspor produknya adalah PT Mandom Indonesia. Bahkan jumlah ekspor perusahaan ini berkontribusi sebesar 32% dari total penjaulan bersihnya. Mandom merupakan perusahaan yang membawahi merek kosmetk Gatsby dan Pixy.

PT Mandom berhasil menembus pasar Uni Emirat Arab dan Jepang sebagai market terbesar. Selain itu, tujuan ekspor perusahaan ini adalah Thailand, malaysia, Singapura, Tiongkok, Vietnam, Korea, dan Taiwan.

Akan tetapi, pandemi ini berdampak turunnya penjualan produk baik di pasar domestik maupun ekspor. Oleh karena itu, Guna mendorong penjualan di tengah pandemi, perusahaan semakin aktif berpromosi melalui saluran digital, media sosial agar semakin mendekat ke konsumen dan meningkatkan brand awareness.

Selain itu, perusahaan kosmetik tersebut juga sering menyelenggarakan virtual launching di platform marketplace. Perusahaan juga bekerja sama dengan beragam marketplace untuk memasarkan produknya seperti Lazada, Tokopedia, Shopee, dan Sociolla.

Related posts

Leave a Comment