Mantap, 6 Bantuan Cair Lagi Sambut Lebaran

Salah satu berita yang cukup menggembirakan bagi masyarakat tahun ini adalah bantuan pemerintah yang rencananya akan dicairkan pada pertengahan tahun ini. Beberapa bantuan dari pemerintah masih berkaitan dengan pandemi covid yang masih belum selesai di negara kita ini. Dimulai dari bulan mei , bantuan akan disalurkan ke masyarakat dalam bentuk bahan pokok dan modal usaha. Dua hal ini yang cukup krusial di tengah pandemi yang melanda dan berdampak pada ekonomi masyarakat kecil.

Sempat beredar desas desus kalau beberapa bantuan akan berakhir pada bulan april 2021, tapi anda tidak perlu khawatir selama masa pandemi ini bantuan yang sebelum pandemi sudah berjalan akan tetap dilanjutkan bahkan ditambah dengan wacana bantuan lain sesuai kondisi masyarakat saat ini. Hal ini untuk menjamin kesejahteraan masyarakat tingkat bawah dan menjamin keberlangsungan ekonomi mikro yang sempat jatuh di awal pandemi pertengahan tahun 2020.

Sedangkan untuk bansos tunai senilai 300 ribu telah resmi dihentikan sejak mei 2021 dan dialihkan dalam bentuk modal usaha yang lebih tepat sasaran. Beberapa program bantuan yang bisa masyarakat terima mulai bulan mei 2021 antara lain program keluarga harapan (PKH) , bantuan pangan non tunai (BPNT) , BLT UMKM , BLT dana desa dan potongan pembayaran listrik bulanan PLN. Untuk mengecek apakah anda terdaftar sebagai salah satu penerima bantuan tersebut , anda bisa mengecek di situs kementrian terkait yang menyalurkan bantuan tersebut. Apabila sudah terdaftar, anda tinggal menyiapkan beberapa dokumen sebagai syarat administrasi penerima bantuan , seperti ktp dan kk. Beberapa bantuan yang akan disalurkan mulai bulan mei 2021 adalah:

Program keluarga harapan (PKH)

PKH adalah bantuan tunai dengan sasaran keluarga tidak mampu yang layak dan sudah terdaftar sebagai penerima bantuan. Penerima pkh akan diberikan tanda berupa stiker pada bangunan tempat tinggalnya. Penyaluran PKH dilaksanakan dalam 4 tahap dalam jangka waktu 3 bulan sekali dimulai dari awal tahun atau bulan januari. Penerima bantuan PKH maksimal untuk 4 anggota keluarga dalam satu kk. Anda dapat mengecek apakah anda terdaftar sebagai penerima bantuan PKH dari kementrian sosial melalui halaman resmi kemensos cekbansos.kemensos.go.id

Dikutip dari laman resmi kementerian sosial, berikut kriteria penerima PKH 2021:

  1. Kriteria komponen kesehatan

– ibu hamil, maksimal dua kali kehamilan

– anak usia 0 sampai dengan 6 tahun, maksimal dua anak

  1. Kriteria komponen pendidikan

– anak sekolah dasar (sd), madrasah ibtidaiyah (mi) atau sederajat

– anak sekolah menengah pertama (smp), madrasah tsanawiyah (mts) atau sederajat

– anak sekolah menengah atas (sma), madrasah aliyah atau sederajat

– anak usia 6 s/d 21 tahun yang belum menyelesaikan wajib belajar 12 tahun

  1. Kriteria komponen kesejahteraan sosial

– lanjut usia mulai 60 tahun ke atas, maksimal 1 orang dan berada dalam keluarga.

– penyandang disabilitas diutamakan penyandang disabilitas berat, maksimal 1 orang dan berada dalam keluarga.

Adapun jumlah dana yang dibagikan melalui pkh disesuaikan dengan keadaan keluarga penerima manfaat (kpm). Indeks dan faktor penimbang bantuan sosial program keluarga harapan tahun 2021 (rp)/tahun:

– kategori ibu hamil/nifas : rp 3.000.000

– kategori anak usia dini 0 s.d. 6 tahun: rp 3.000.000

– kategori pendidikan anak sd/sederajat: rp 900.000

– kategori pendidikan anak smp/sederajat : rp 1.500.000

– kategori pendidikan anak sma/sederajat : rp 2.000.000

– kategori penyandang disabilitas berat : rp 2.400.000

– kategori lanjut usia: rp 2.400.000

Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)

Bnpt termasuk salah satu program dari kementrian sosial yang bertujuan meringankan kebutuhan sehari hari masyarakat melalui pemberian sembako secara langsung. Mekanisme pemberian bnpt yaitu setiap kk yang terdaftar sebagai penerima bnpt akan menerima kupon yang bisa ditukarkan dengan bahan pokok seperti minyak , beras , telur dan lainnya. Penukaran sembako dilakukan di toko toko / warung yang sudah ditunjuk pemerintah dan bekerjasama dengan pihak bank sebagai penampung dana bantuan. Karena termasuk dalam salah satu program dari kementrian sosial , anda dapat mengecek pada halaman resmi kementrian sosial seperti pada bantuan pkh.

BLT Umkm

Usaha mikro juga tidak luput dari perhatian pemerintah apalagi terdampak cukup signifikan selama masa pandemi ini. Kementrian koperasi dan umkm sebagai penyalur bantuan blt umkm menargetkan pelaku usaha mikro , kecil dan menengah. Besarnya dana tunai bantuan blt umkm yang bisa didapat oleh tiap tiap penerima bantuan adalah 1,2 juta dan hanya diterima sekali tidak bertahap seperti bantuan lainnya. Untuk dapat mengikuti progam blt umkm , pelaku usaha harus mendaftar ke dinas koperasi sesuai domisilinya. Setelah verifikasi dokumen dan data, bank penyalur akan mencairkan dana blt umkm rp 1,2 juta secara langsung dan sekaligus. Bagi nasabah bni juga dapat mengecek blt umkm rp 1,2 juta secara mandiri lewat banpresbpum.id sedangkan bagi nasabah bri bisa dicek melalui laman eform.bri.co.id/bpum. Apabila sudah terdaftar sebagai penerima bantuan blt umkm , untuk mengambil bantuan blt umkm anda bisa datang ke lembaga penyalur dengan membawa dokumen:

– e-ktp

– kartu keluarga

– fotokopi nomor induk berusaha (nib) atau surat keterangan usaha (sku) dari kepala desa/kelurahan

BLT Dana Desa

Blt dana desa adalah bantuan tunai dengan sasaran penerima bantuan masyarakat kurang mampu di desa. Nilai blt dana desa yang bisa didapat oleh penerima bantuan adalah senilai 300 ribu. Untuk mengecek apakah anda termasuk penerima bantuan blt dana desa , anda dapat mngecek melalui laman sid.kemendesa.go.id

Potongan Harga Listrik PLN

Listrik juga termasuk salah satu kebutuhan dasar masyarakat saat ini. Untuk itu sektor listrik ini juga mendapat perhatian pemerintah dan termasuk dalam salah satu program bantuan untuk meringankan beban masyarakat. Potongan pembayaran listrik pln di tujukan untuk pelanggan listrik berkapasitas 450 va akan mendapatkan potongan harga listrik dan token listrik sebesar 50 persen. Bagi pelanggan reguler atau pasca bayar, potongan harga listrik 50 persen akan diterima saat pembayaran rekening listrik. Sedangkan pelanggan prabayar, potongan harga listrik 50 persen otomatis diterima saat pembelian token. Skema bantuan potongan harga listrik pln ini juga berlaku baik bagi pelanggan rumah tangga, bisnis kecil, dan industri kecil dengan daya 450 va.

Pelanggan listrik berkapasitas 900 va akan mendapatkan potongan harga listrik dan token listrik sebesar 25 persen. Untuk mendapatkan potongan harga listrik listrik pln juga hampir sama dengan pelanggan listrik berkapasitas 450 va. Bagi pengguna reguler (paca bayar), potongan harga listrik 25 persen akan diterima saat pembayaran rekening listrik. Lalu pengguna prabayar, potongan harga listrik 25 persen otomatis diterima saat pembelian token. Yang perlu diperhatikan, potongan harga listrik berlaku sampai dengan pemakaian maksimal selama 720 jam nyala.

Related posts

Leave a Comment