AirAsia Buat Kebijakan Baru tentang Bagasi Kabin

airasia-buat-kebijakan-baru-tentang-bagasi-kabin.jpg

Source: angkasa.news

AirAsia baru saja mengumumkan kebijakan baru mengenai bagasi kabin pesawat. Kebijakan baru ini diumumkan melalui siaran press dan akan mulai diberlakukan tangal 7 Juli 2020. Kini AirAsia memperbolehkan penumpang untuk membawa dua tas dengan berat total 7 kg ke dalam kabin pesawat.

Sebelumnya, AirAsia hanya memperbolehkan tiap penumpang membawa satu tas saja ke dalam bagasi kabin. Ukuran tas yang diijinkan untuk dibawa masuk ke kabin pesawat adalah dengan dimensi 56 x 36 x 23 cm. Atau panjang linear tas maksimal 15 cm. Penumpang harus memastikan bahwa tas bawaanya muat jika dimasukkan ke dalam kompartemen dalam kabin pesawat.

Selain itu, penumpang AirAsia juga diperkenankan untuk membawa tas kecil atau tas laptop. Namun ukuran tas tersebut tidak boleh melebihi 40 x 30 x 23 cm. Panjang maksimal tas yang diijinkan adalah 80 cm. Tas tersebut boleh dibawa jika muat diletakkan di bawah kursi penumpang.

Namun, jika kedua tas yang dibawa tersebut mempunyai berat lebih dari 7 kg dan ukurannya melebihi ketentuan, AirAsia akan memasukkan tas tersebut ke bagasi yang terdaftar. AirAsia memberikan bagasi gratis kepada penumpang penerbangan domestik. Kapasitas bagasi gratis AirAsia ini mencapai 15 kg.

Jika penumpang membawa barang yang lebih berat dari ketentuan bagasi gratis, Maskapai AirAsia menyarankan agar penumpang tersebut memesan bagasi tambahan melalui situs resmi AirAsia. Dengan begitu, penumpang akan memperoleh biaya bagasi yang lebih murah.

Dalam situs resminya, AirAsia menjelaskan aturan tentang Smart Baggage atau Bagasi Pintar.  Koper pintar ini mempunyai kemampuan untuk menyimpan daya listrik. Sehingga koper tersebut juga dapat berfungsi sebagai power bank. AirAsia mempunyai aturan khusus tentang penggunaan koper ini.

Sebelum penumpang mendaftarkan koper tersebut ke bagasi terdaftar, baterai harus dilepas terlebih dahulu. Ini merupakan aturan yang sudah umum di bidang penerbangan komersil. Seluruh maskapai penerbangan sepakat untuk tidak mengizinkan power bank untuk dibawa ke bagasi pesawat.

Selain itu, Watt hour baterai dalam power bank tersebut tidak boleh melebihi 160 Wh. Disamping itu, semua fitur bluetooth, wifi, dan GPS harus dimatikan. Namun, AirAsia tetap memperbolehkan penumpang membawa baterai cadangan untuk gadget mereka.

 

Related posts

Leave a Comment