Kemenparekraf Rilis Buku Panduan Protokol Kesehatan untuk Restoran Hotel

panduan protokol kesehatan restoran hotel

Source: jakartaglobe.id

Bisnis hotel dan restoran merupakan sektor yang paling terdampak Covid-19. Kini banyak hotel dan restoran yang telah mulai beroperasi kembali. Namun, protokol kesehatan sesuai dengan anjuran Kemenparekraf dan Kemenkes harus tetap dilakukan.

Pelaksanaan protokol kesehatan ini dilakukan dengan tujuan melindungi seluruh tamu serta karyawan restoran. Telah banyak diketahui, restoran merupakan salah satu tempat yang beresiko tinggi terhadap penularan virus Covid-19.

Untuk itu, Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif meluncurkan buku panduan yang memuat tentang protokol kesehatan untuk hotel, tamu, serta karyawan restoran. Berikut rangkuman dari panduan kesehatan tersebut.

Protokol Kesehatan Untuk Hotel

  • Restoran hotel harus menyajikan makanan secara family style atau a la carte. Restoran tidak diperkenankan menggunakan sistem buffet atau prasmanan.
  • Jika restoran menggunakan sistem prasmanan, harus menempatkan karyawan pada stall makanan dengan menggunakan masker dan sarung tangan untuk melayani tamu.
  • Petugas melayani tamu untuk mengambilkan makanan dengan jaga jarak minimal satu meter. Untuk mencegah percikan, diharapkan untuk melakukan pemasangan pastisi.
  • Tempat duduk untuk tamu dibatasi jarak minimal satu meter dan dilakukan pemasangan partisi pada meja.
  • Daftar menu menggunakan material yang mudah dibersihkan atau hanya satu kali pakai.
  • Sediakan hand sanitizer atau sarana untuk cuci tangan di dalam restoran.

Protokol Kesehatan Untuk Tamu

  • Tamu wajib untuk mencuci tangan atau menggunakan hand satitizer sebelum masuk restoran serta sesudahnya.
  • Duduk dengan berjarak minimal satu meter.
  • Tidak berbagi minuman dan makanan dengan orang lain.
  • Tidak menggunakan peralatan makan bersama.
  • Tamu boleh melepaskan masker saat makan, menyimpan masker tersebut dengan baik serta tidak meletakannya di atas meja.

Protokol Kesehatan Untuk Karyawan

  • Karyawan menyarankan tamu untuk membayar secara non tunai.
  • Membersihkan alat pembayaran dengan desinfektan setelah melakukan transaksi.
  • Menyajikan makanan dari dapur dengan menggunakan tutup yang aman.
  • Tetap menjaga jarak saat menyajikan makanan kepada tamu.
  • Membersihkan meja menggunakan desinfektan setelah tamu selesai bersantap.
  • Karyawan harus mengingatkan tamu yang tidak mematuhi protokol kesehatan.

Related posts

Leave a Comment