Pemerintah Akan Beri Stimulus Untuk Dorong Bisnis Pariwisata

pemerintah beri stimulus sektor pariwisata

Source: liputan6.com

Sektor pariwisata bisa dibilang menjadi yang paling terdampak pandemi ini. Untuk mendorong bangkitnya bisnis pariwisata dalam negeri, pemerintah berencana untuk memberikan beberapa stimulus dan insentif.

Ari Juliano selaku Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Kemenparekraf mengatakan banhwa pemerintah merencanakan pemberian stimulus untuk pelaku usaha bidang pariwisata. Pemberian stimulus dan insentif ini bertujuan untuk menarik minat wisatawan domestik.

Sementara itu, stimulus yang akan diberikan berupa program padat karya untuk bidang pariwisata. Dengan adanya stimulus ini diharapkan perekonomian daerah dapat meningkat. Terutama daerah yang menggantungkan pendapatan pada sektor wisata.

Ari menambahkan, meskipun begitu, pelaku usaha pariwisata diminta untuk menerapkan protokol kesehatan sebelum wisata mulai dibuka. Pelaku usaha diminta tidak terlalu terburu-buru untuk membuka usahanya jika persiapan penerapan protokol kesehatan belum sepenuhnya siap.

Menanggapi rencana pemerintah ini, penyedia layanan perjalanan online seperti Traveloka dan Tiket.com menyambut positif. Christian Suwarna selaku CMO Traveloka mangatakan bahwa perusahaannya siap untuk bekerja sama dengan pemerintah dan pelaku industri wisata. Pihaknya juga akan mendukung semua kebijakan pemerintah.

Traveloka juga berupaya untuk mendorong bangkitnya bisnis pariwisata dengan menyesuaikan layanan sesuai kebutuhan para konsumen. Inovasi yang dilakukan Traveloka antara lain adalah memberikan layanan rapid test, Traveloka LIVEstyle Flash Sale, Wander Week:Fly Worry Free, serta program Buy Now Stay Later.

Untuk mendorong meningkatnya bisnis perhotelan, Traveloka juga memberikan diskon hingga 70 persen untuk penginapan. Perusahaan ini juga meluncurkan program Onlien Xperience. Traveloka sangat optimis bahwa industri pariwisata Indonesia akan segera pulih. Tentunya dibutuhkan kerja sama antara pemerintah, perusahaan swasta, dan masyarakat.

Yosi Marhayati selaku Senior Public relations dari Tiket.com juga menyambut positif rencana pemberian stimulus oleh pemerintah ini. Hal ini dikarenakan insentif pemerintah dapat menjadi stimulus bagi perusahaan untuk memberikan berbagai promosi di sektor pariwisata.

Related posts

Leave a Comment