Tak Ada Larangan Mudik, Jumlah Penumpang KA Meningkat

jumlah penumpang kereta meningkat mudik idul adha

Source: tagar.id

Meskipun pandemi belum usai, Menteri Perhubungan tidak mengeluarkan larangan untuk mudik dalam rangka Idul Adha. Kebijakan ini berdampak pada meningkatnya penumpang kereta api jarak jauh.

Satu minggu menjelang Hari Idul Adha, jumlah penumpang kereta mengalami kemaikan sebesar 2 kali lipat. Total penumpang yang menggunakan 11 KA Jarak Jauh yang diberangkatkan dari Stasiun Pasar Senen dan Gambir mencapai 3958 orang.

Jumlah tersebut telah memenuhi 90% ketersediaan tempat duduk yakni sebanyak 4385. PT KAI sendiri telah memberlakukan pembatasan jumlah tempat duduk hanya 70% dari kapasitas normal. Kebijakan ini dilakukan dalam rangka pembatasan jarak antar penumpang dalam gerbong kereta. Jadi, meskipun terjadi lonjakan penumpang, PT KAI tetap menjamin bahwa protokol kesehatan dijalankan dengan baik.

Eva Chairunisa selaku Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta mengatakan bahwa semua penumpang kereta dipastikan menaati aturan yang telah ditetapkan. Diantaranya adalah penggunaan faceshield dan masker selama perjalanan. Selain itu, petugas juga akan mengecek suhu tubuh penumpang secara berkala.

Setiap penumpang juga harus memiliki Surat Keterangan rapid test atau PCR test. Berkas ini berlaku hingga 14 hari. Jika penumpang tidak dapat memenuhi persyaratan tersebut, penumpang tersebut tidak akan diizinkan untuk melanjutkan perjalanan. PT KAI akan mengganti biaya tiket yang telah dibayarkan sebersar 100%.

KAI juga menghimbau penumpang agar tetap menjalankan upaya pencegahan Covid-19. Diantaranya adalah menggunakan pakaian lengan panjang, menjaga jarak antar penumpang, serta menggunakan fasilitas kebersihan untuk mencuci tangan.

Untuk mendapatkan informasi perjalanan kereta api, masyarakat dapat mengaksesnya pada aplikasi KAI Access atau situs resmi KAI di kai.id. calon penumpang juga bisa mengakses informasi melalui email [email protected] atau menghubungi contact center KAI 121.

Related posts

Leave a Comment