Jasa Marga Atur Strategi Atasi Macet Puncak Arus Balik

jasa marga siapkan strategi atasi macet arus balik

Source: aktual.com

Jasa Marga memprediksi puncak arus balik Idul Adha akan terjadi pada hari Minggu tanggal 2 Agustus. Untuk mengantisipasi kemacetan akibat arus balik ini, Jasa Marga telah menyiapkan beberapa strategi.

Pratomo Bimawan Putra selaku Operation Management and Maintenance Group Head Jasa Marga mengungkapkan bahwa puncak arus balik untuk libur Idul Adha akan terjadi hari Minggu 2 Agustus. Ia juga memprediksi jumlah kendaraan yang akan masuk Jakarta pada H+1 dan H+2 Idul Adha.

Jumlah kendaraan yang akan menuju Kota Jakarta diperkirakan sebanyak 372.692. Jumlah ini meningkat 33,6 % dari hari biasa. Jumlah prediksi tersebut merupakan angka lalu lintas kendaraan yang meninggalkan Jakarta.

Angka prediksi ini dihitung dari kendaraan yang menuju arah Barat lewat Gerbang Tol Cikupa Tangerang. Untuk kendaraan yang menuju selatan lewat Gerbang Tol Ciawi. Serta kendaraan yang menuju timur lewat tol Kalihurip Utama dan Cikampek Utama.

Pranoto menambahkan bahwa arus balik ini akan didominasi kendaraan yang berasal dari timur Jakarta dengan jumlah sekitar 56.3%. Sedangkan presentase kendaraan yang berasal dari selatan adalah 22%. Sementara itu, kendaraan dari wilayah barat Jakarta sebesar 21,7%.

Untuk mencegah kemacetan dan kepadatan kendaraan, Jasa Marga akan menyiapkan beberapa strategi. Strategi pertama adalah dengan mengalihkan truk keluar dari jalan tol. Jasa Marga juga akan melakukan contraflow pada jalur tertentu.

Selain itu, jasa Marga sementara juga menghentikan proyek di jalan tol yang sepertinya bisa mengganggu lajur kendaraan. Semua strategi yang dilakukan ini telah dikoordinasikan dengan Bina Marga, Kemenhub, BPJT Kementerian PUPR, dan juga pihak kepolisian.

Untuk mengurai kemacetan, Jasa Marga juga akan menyiapkan sarana dan petugas tambahan di beberapa lokasi yang rawan kemacetan. Salah satu lokasi yang rawan kepadatan adalah KM 66. Lokasi tersebut adalah titik pertemuan lalu lintas dari jalan Tol Cipali dan jalan Tol Cipularang.

Related posts

Leave a Comment