Pemerintah Kaji Pemberian Stimulus Rp 370 M untuk Bisnis Penerbangan

pemerintah kaji beri stimulus untuk bisnis penerbangan

Source: infopenerbangan.com

Pemerintah kini tengah mengkaji rencana pemberian stimulus untuk industri penerbangan yang terkena dampak oandemi. Kementerian Perhubungan memperkirakan setidaknya dibutuhkan dana sekitar Rp 370 miliar untuk membantu binis penerbangan dalam periode Agustus hingga Desember 2020.

Bisnis transportasi udara merupakan salah satu sektor yang harus diperhatikan. Karena bisnis ini diperkirakan bisa bangkrut jika tidak diberikan suntikan bantuan. Novie Riyanto selaku Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub mengatakan bahwa untuk membangkitkan bisnis penerbangan, pemerintah perlu memberikan stimulus. Selain itu diperlukan keseimbangan untuk menggairahkan kembali bisnis penerbangan tentunya tanpa meninggalkan protokol kesehatan.

Novie mengatakan bahwa stimulus yang diberikan diharapkan bisa memacu pertumbuhan industri ini. Karena pada bulan Maret hingga Mei pemerintah memberlakukan lockdown sehingga transportasi udara harus terhenti. Namun saat ini pertumbuhan bisnis penerbangan tengah mencapai 45%.

Rincian untuk stimulus sektor penerbangan mencapai angka Rp 370.431.163.000. Dana sebesar Rp 91.120.688 akan digunakan untuk pelaksanaan kalibrasi fasilitas keselamatan penerbangan. Insentif tersebut akan diberikan kepada AirNav atau LPPNPI, PT Angkasa Pura I dan PT Angaksa Pura II.

Stimulus yang selanjutnya adalah dengan membebaskan biaya PJP2U bagi calon penumpang pesawat. Stimulus untuk calon penumpang ini diasumsikan untuk sebanyak 2.593.607 orang. Kebutuhan anggaran untuk program ini adalah senilai Rp 279.310.475.000.

Budi Karya Sumadi selaku Menteri Perhubungan mengatakan bahwa pandemi ini menjadi ancaman yang besar terhadap bisnis penerbangan. Omzet penerbangan terus menurun hingga 50%. Hal ini terjadi karena pembatasan penerbangan baik domestik maupun internasional. Selain itu, penumpang juga tidak merasa aman untuk melakukan perjalanan udara karena pandemi.

Untuk mencegah kebangkrutan industri penerbangan tanah air, Pemerintah akan memberikan berbagai insentif dan stimulus ini. Tujuannya adalah untuk menyelamatkan bisnis penerbangan serta menggairahkan kembali sektor ini.

Related posts

Leave a Comment