Pemerintah Kaji Rencana Pengembangan Wisata Medis

Pemerintah akan kembangkan wisata medis

Source: beritabaik.id

Melihat potensi bisnis yang besar di sektor kesehatan, pemerintah berencana membangun wisata medis di Indonesia. Medical tourism merupakan istilah yang tidak asing lagi. Sektor wisata ini akan menyediakan layanan kesehatan baik untuk masyarakat dalam negeri maupun mancanegara.

Jodi Mahardi selaku juru bicara Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi mengatakan bahwa menurut data PwC, Indonesia menjadi negara asal wisatawan medis dengan jumlah terbesar di dunia pada tahun 2015. Masyarakat Indonesia lebih memilih untuk berobat di luar negeri karena rumah sakit di indonesia mempunyai pelayanan medis yang kurang. Apalagi untuk menangani penyakit khusus.

Sementara itu, beberapa negara di Asia seperti Singapura, Thailand, Malaysia, India, dan Korea Selatan tengah mengembangkan industri wisata medis.

Jodi menambahkan bahwa rencana pengembangan wisata medis di Indonesia sangatlah realistis. Sektor ini juga akan memberikan banyak keuntungan bagi negara. Hal ini dikarenakan jumlah wisatawan medis meningkat dari tahun ke tahun.

Dampak positif pengembangan industri Pariwisata medis antara lain adalah sebagai berikut. Pertama, industri ini dapat menjadi diversifikasi ekonomi. Selain itu, sektor ini juga bisa menarik investasi dari luar negeri. Industri ini juga akan menyerap banyak lapangan kerja.

Sementara itu, pengembangan wisata medis dalam negeri juga akan dapat mengurangi jumlah masyarakat yang berobat ke luar negeri. Sehingga, dana kesehatan tidak akan mengalir ke negara lain.

Masyarakat Indonesia menghabiskan rata-rata 11,5 miliar dollar atau senilai 169,8 triliun setiap tahunnya untuk berobat ke luar negeri. Banyaknya masyarakat yang lebih memilih untuk menjalani pengobatan di luar negeri adalah karena kurangnya kualitas pelayanan kesehatan dalam negeri.

Selain itu, pertimbamngan lain untuk berobat ke negara luar adalah canggihnya teknologi kesehatan, ketepatan diagnosis, serta reputasi rumah sakit di negara tersebut.

Untuk mewujudkan wisata medis dalam negeri, Pemerintah akan melakukan persiapan dengan membangun rumah sakit internasional. Selain itu, pemerintah juga akan mendatangkan dokter spesialis dari negara lain.

Related posts

Leave a Comment