Dorong Bisnis Pariwisata, Pemerintah Siapkan Diskon Perjalanan Wisata

pemerintah akan beri diskon wisata

Source: pikiran-rakyat.com

Menparekraf Wishnutama Kusubandio menyatakan bahwa Pemerintah berencana memberikan stimulus berupa diskon perjalanan wisata. Stimulus ini diharapkan untuk menggeliatkan kembali industri wisata di tanah air yang sempat menurun akibat pandemi.

Pemberian stimulus ini masih dalam tahap pembahasan antara Kementerian keuangan, Kementerian BUMN serta Ketua pelaksana Komite Penanganan Covid-19.

Wishnutama mengatakan bahwa nantinta pemerintah akan bekerja sama dengan maskapai Garuda Indonesia, restoran, dan hotel. Diharapkan pelaku bisnis di sektor pariwisata bisa menawarkan paket wisata dan harga yang menarik. Sehingga masyarakat akan berlomba-lomba untuk mendapatkan promo tersebut terutama saat libur panjang.

Wishnutama menjelaskan bahwa stimulus yang akan diberikan ini akan berbeda dengan beberapa bantuan yang telah diberikan oleh pemerintah.

Konsep stimulus ini tengah dibahas secara detail oleh Kartika Wiryoatmojo selaku Wakil Menteri BUMN dan Angela Tanoesoedibjo selaku Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Pembahasan tersebut adalah untuk membuat konsep pemberian stimulus yang efektif dan tepat. Pihak Kemenparekraf juga tengah melakukan pembahasan dengan Menteri BUMN agar stimulus tersebut dapat mengangkat kemali industri pariwisata.

Wishnutama optimis bahwa pemerintah dapat memproduksi vaksin Covid-19 ini pada akhir tahun 2020. Dengan berakhirnya pandemi maka sektor pariwisata akan kembali menggeliat. Oleh karena itu, pemerintah harus melakukan promosi pada wisatawan yang ingin berwisata seperti sebelum pandemi terjadi.

Wishnutama menambahkan,” Untuk pariwisata kan ini kan sudah banyak sebetulnya yang sudah kita lakukan mulai dari subsidi listrik untuk para pelaku pariwisata talangan modal usaha atau pinjaman lalu keringanan pajak dan lain sebagainya tetapi itu kan dari supply, dari sisi demand ini yang sedang dibutuhkan.”

Related posts

Leave a Comment