Kemenhub Kaji Usulan 8 Bandara Internasional Diubah Jadi Domestik

kemenhub kaji perubahan status bandara internasional menjadi domestik

Source: niaga.asia

Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan mengusulkan perubahan sattus 8 bandara internasional menjadi bandara domestik. Hal tersebut telah diampaikan kepada Menteri Perhubungan.

Novie Riyanto selaku Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub mengusulkan kepada Menteri perhubungan Budi karya agar mengubah status 8 bandara internasional menjadi bandara domestik. Diantaranya adalah Bandara Maimun Salah dan Bandara Husein Sastranegara.

Namun, Novie menjelaskan bahwa surat yang disampaikan kepada Kemenhub tersebut sifatnya masih internal. Sehingga surat tersebut tidak bisa dijadikan referensi resmi.

Nobie juga menambahkan bahwa pihaknya dan Kemenhub masih melakukan pembahasan lebih lanjut terkait acana perubahan status bandara tersebut.

Adita Irawatis elaku Juru Bicara Kemenhub juga memberikan tanggapan yang senada dengan Novie. Adita mengatakan bahwa surat tersebut belum bisa dibuat keterangan resmi karena belum memiliki tanggal. Wacana tersebut amsih dalam tahap evaluasi internal sehingga belum ada keputusan secara resmi.

Adapun delapan bandara yang akan diusulkan perubahan statusnya menjadi bandara domestik adalah Bandara Maimun Salah (Sabang), Bandara Radin Inten II (Lampung), Bandara RH Fisabilillah (Tanjung Pinang), Bandara Pattimura (Ambon), Bandara Frans Kaisepo (Biak), Bandara Husein Sastranegara (Bandung), Bandara Banyuwangi, dan Bandara Mopah (Merauke).

Usulan perubahan status bandara ini senada dengan permintaan Presiden Joko Widodo tentang pengurangan bandara internasional di Indonesia. Hal ini dikarenakan turunnya jumlah wisatawan mancanegara. Oleh karena itu, seharusnya momentum ini dijadikan untuk melakukan perbaikan di sektor penerbangan dan pariwisata.

Menurut Presiden, jumlah bandara internasional di Indonesia yakni 30 bandara ini dinilai terlalu banyak. Presiden juga mengajak seluruh jajarannya untuk menentukan bandara yang berpotensi menjadi internasional hub sesuai dengan karakteristik wilayah serta letak geografisnya.

Saat ini ada 8 bandara yang mempunyai potensi sebagai hub dan superhub yaitu Soekarno Hatta, Ngurah Rai, Juanda, Yogyakarta, Sam Ratulangi, Balikpapan, Kualanamu, dan Hasanuddin.

Related posts

Leave a Comment