KAI Akan Ubah Stasiun Tua Jadi Tempat Wisata Bersejarah

KAI akan ubah stasiun tua jadi tempat wisata

Source: ekbisbanten.com

PT KAI kini tengah berupaya untuk meningkatkan kinerja. Salah satu rencana yang akan dikembangkan adalah mengubah jalur rel serta stasiun tua menjadi bisnis wisata.

Jeffrie N Korompis selaku Direktur Perencanaan Strategis dan Pengembangan Usaha PT KAI mengatakan bahwa KAI saat ini sedang mempelajari aset yang sudah tua dan juga mengembangkan aset tersebut sebagai tujuan wisata sejarah yang menarik.

Jeffrie mengatakan melalui keterangan tertulis,” Kita kini terus mempelajari secara mendalam PT KAI. Salah satu program mendesak adalah menjadikan stasiun dan jalur perjalanan sebagai destinasi wisata yang menarik sentra ekonomi bagi mitra UKM dan pebisnis lainnya. Dengan demikian tujuan menjadikan entitas bisnis PT KAI lebih baik lagi, dan membangun daya beli masyarakat, serta menghidupkan para pelaku bisnis, terutama UKM.”

Rencana untuk mengembangkan bisnis pariwisata dari stasiun tua ini juga telah disampaikan kepada Rachmat Gobel selaku Wakil ketua DPR Korinbang.

Rachmat mengatakan bahwa DPR sebagai lembaga kontrol tidak akan membiarkan KAI berupaya sendiri. Pihaknya ingin melakukan efisiensi serta kompetisi dalam hal pertarungan ekonomi global.

Oleh karena itu, pemerintah juga akan mendukung upaya KAI untuk melakukan restorasi stasiun untuk dijadikan aset dan properti yang lebih menarik sehingga dapat berpotensi menjadi tempat wisata.

Rachmat menambahkan bahwa KAI harus bisa menjalankan bisnisnya secara efisien dan dapat meningkatkan ekonomi. KAI harus turut serta dalam program penyelamatan ekonomi serta mempunyai komitmen untuk menciptakan lapangan kerja.

KAI juga harus menciptakan peluang bisnis bagi mitra pelaku usaha skala kecil dis ektor barang maupun jasa.

Selain itu, PT KAI juga harus memprioritaskan perbaikan wajah perkeretaapian nasional untuk lima tahun ke depan sehingga menjadi lebih modern dengan cara mengembangkan moda ransportasi masal yang terintegrasi.

Related posts

Leave a Comment