Pemerintah Akan Bangun Lima Bandara Wisata di Atas Air

Source: goodnewsfromindonesia.id

Pemerintah memiliki rencana untuk mendirikan 5 bandara di atas air. Konsep tersebut diusung dalam rangka meningkatkan pariwisata Indonesia yang didominasi oleh perairan.

Novie Riyanto selaku Dirjen perhubungan Udara Kemenhub mengatakan,” Kita bangun 5 bandar udara untuk wisata, khususnya wisata di daerah perairan atau yang kita kenal dengan sea plane airport.”

Bandara tersebut akan dibangun di atas laut maupun danau. Nantinya, Bandara di atas air tersebut bis disinggahi pesawat amphibi.

Novie menambahkan baha kini telah terdapat 10 wilayah potensial yang bisa dibangun bandara di atas air.

Sepuluh wilayah tersebut meliputi Pulau Senua, Danau Toba, Derawan Berau, Pulau Gili Iyang, Labuan bajo, Gili Trawangan, Wakatobi, Bunaken Manado, Raja Ampat, dan Pulau Widi.

Meskipun begitu, Novie belum dapat memberikan kepastian kapan proyek bandara di atas air tersebut akan dimulai.

Untuk merealisasikan proyek tersebut, Budi Karya Sumadi selaku Menteri Perhubungan mengajak perusahaan swasta untuk terlibat dalam penggarapan proyek tersebut.

Budi mengatakan bahwa kini telah banyak bandara yang telah di upgrade oleh pemerintah ataupun BUMN. Nantinya, akan banyak perusahaan swasta yang akan diberikan kesempatan oleh pemerintah untuk membangun bandara tersebut.

Sehingga proyek bandara bertaraf internasional tersebut tidak hanya dilakukan oleh BUMN yang bergerak di bidang konstruksi tetapi juga oleh perusahaan swasta.

Budi juga menjelaskan bahwa pembangunan infrastruktur bandara di tengah pandemi ini menjadi perhatian Presiden. Presiden tidak ingin pandemi ini menghalangi terwujudnya proyek bandara tersebut. Arahan presiden tersebut telah dilaksanakan dengan pengdkan peninjauan ke beberapa proyek pengembangan di wilayah Indonesia Timur seperti Kupang, Labuan Bajo, dan Lombok.

Related posts

Leave a Comment