Kemenhub Rilis Aplikasi Lacak Trans dan Layanan E-Ticketing Bus

aplikasi lacak trans dan e-ticketing

Source: merdeka.com

Untuk memudahkan mobilitas masyarakat di tengah pandemi, Kementerian Perhubungan meluncurkan layanan self check-in atau e-ticketing. Selain itu, Kemenhub juga merilis aplikasi Lacak Trans.

Budi Karya Sumadi selaku Menteri perhubungan menyatakan bahwa untuk menekan penyebaran Covid-19 diperlukan pengoptimalan teknologi. Apalagi transportasi umum juga dapat menjadi klaster Covid 19 karena memiliki potensi untuk mengumpulkan massa dalam satu armada.

Budi mengatakan,” Kita harus bisa mengubah kebiasaan kita dengan mengoptimalisasi penggunaan teknologi khususnya dalam angkutan umum. Kita harus bisa meminimalisir penularan akibat sentuhan penukaran tiket, uang tunai dalam bentuk transaksi lain. Dengan teknologi kita dapat mengurangi resiko tertular.”

Layanan E-ticketing tersebut dikhususkan untuk pemesanan tiket Bus Antarkota Dalam Provinsi dan juga Antar Kota Antar Provinsi. Layanan E-ticketing etrsebut berupa vending mechine untuk mencetak boarding pass penumpang bus. Layanan tersebut seperti e-ticketing yang digunakan di stasiun kereta api.

Dengan adanya layanan e-ticketing tersebut diharapkan antrean di terminal dapat berkurang. Selain itu, layanan ini juga bertujuan untuk mengurangi calo tiket.

Selain itu, Kemenhub juga meluncurkan Aplikasi Lacak Trans. Aplikasi ini dapat digunakan untuk melacak penyebaran virus Covid-19 pada suatu daerah serta jalur dari satu daerah ke daerah lainnya.

Dalam aplikasi tersebut terdapat fitur untuk memantau keamanan jalan, mendeteksi keamanan fasilitas umum, serta peta persebaran Corona. Aplikasi tersebut sudah bisa didownload di Playstore.

Tujuan dari diluncurkannya aplikasi ini adalah untuk memantau penyebaran virus Covid-19 dari daerah asal dan tujuan, rute perjalanan, dan juga kendaraan yang sednag ditumpangi. Menhub berharap aplikasi ini dapat mengurangi resiko penyebaran virus Corona pada klaster angkutan umum.

Selain itu, masyarakat juga dapat bepergian dengan aman dan nyaman tanpa rasa khawatir karena dapat memantau penyebaran virus Covid-19.

Related posts

Leave a Comment