Kereta Api Pertama di Sulawesi Mulai Beroperasi April 2021

KA Sulawesi akan beroperasi April 2021

Source: saudagarnews.id

Berita gembira untuk masyarakat Sulawesi. Pasalnya, moda transportasi Kereta Api pertama di Sulawesi akan mulai beroperasi bulan April tahun depan. Kereta api ini menghubungkan kota Makassar – Parepare. KA ini merupakan salah satu proyek yang termasuk ke dalam Proyek Strategis Nasional.

Surya Tjandra selaku Menteri ATR/ Wakil Kepala BPN meninjau lokasi untuk jalur Makassar – Parepare. Ia juga mencoba naik kereta api dari Stasiun Tanete Rilau menuju arah perbatasan Kabupaten Barru – Pangkep.

Surya mengatakan,” Kita meninjau, menghormati capaian luar biasa bagi cita-cita Kabupaten Barru. Ini merupakan capaian besar untuk bangsa Indonesia karena pertama kali kita membangun dari nol jalur kereta dan keretanya sekalian seluruh infrastrukturnya yang dibutuhkan dan ini kolaborasi banyak pihak.”

Surya juga menjelaskan bahwa proses pengadaan lokasi untuk jalur kereta telah mencapai 70 persen. Untuk saat ini, sedang dilakukan negosiasi mengenai ganti rugi kepada warga.

Surya mengungkapkan bahwa daerah sekitar rel kereta akan dijadikan proses Reforma Agraria untuk pemberdayaan masyarakat.

Ia menambahkan,” Kanwil BPN Provinsi Sulawesi Selatan juga sudah bekerja keras dengan segenap jajaran Kepala Kantor Pertanahan memastikan agar proses pembebasan lahan itu adil, masyarakat dilibatkan untuk berdiskusi juga bagaimana pemberdayaan masyarakat sekitarnya nanti supaya mereka menjadi pengawal sosialnya yang harus membantu menjaga wilayah di sekitar rel ini agar bermanfaat.”

Jumardi selaku Kepala Balai PerkeretaApian Wilayah Jawa Bagian Timur mengatakan bahwa rencananya pada bulan April 2021 nanti kereta api pada jalur tersebut akan mulai beroperasi.

Saat ini jalur rel untuk Kabupaten Barru telah rampung. Tinggal melanjutkan pembangunan rel yang akan menghubungkan ke Kabupaten Pangkep dan Kabupaten Maros.

Related posts

Leave a Comment