Bisnis Urban Farming Kian Populer Saat Pandemi

bisnis urban farming kian populer

Source: belirus.com

Konsep bertani di lahan perkotaan atau urban farming menjadi tren saat pandemi ini. Kini, banyak masyarakat yang tertarik untuk berkebun di lahan pekarangan rumah. Kegiatan ini tidak hanya bisa mengisi waktu luang, tetapi juga untuk menghilangkan stress saat melakukan Work From Home.

Namun, jika dilakukan dengan serius, urban farming dapat menjadi peluang bisnis yang menguntungkan. Seperti yang telah dilakukan oleh JiriFarm.

JiriFarm memulai bisnis berkebun di rumah. Kini, JiriFarm telah memperluas bisnisnya dengan menyediakan perlengkapan bertanam Urban Farming. Selain itu, JiriFarm juga menyuplai beberapa supermarket di Jakarta dengan hasil perkebunannya sendiri.

Richard Sudibio Hali selaku pemilik JiriFarm mengatakan dulu keluarganya memiliki bisnis pabrik bingkai. Tetapi akhirnya mereka banting stir memulai bisnis urban farming dengan menggunakan sistem hidroponik.

Richard mengatakan awalnya dirinya menanam cabe di tanah. Namun ternyata mengalami banyak masalah. Setelah melihat tayangan di National Geographic yang membahas tentang hidroponik, Richard akhirnya tertarik untuk menekuni bisnis ini.

Usaha urban farming JiriFarm telah dimulai sejak tahun 2010. Jirifarm mendirikan green house untuk berkebun sayuran. Lama kelamaan, permintaan akan sayuran semakin meningkat. Berbagai sayuran ditanam dalam kebunnya. Diantaranya adalah Pokcoy, Kangkung, sawi caisim, kailan, selada, dan bayam.

Richard juga mengungkapkan bahwa untuk mengelola bisnisnya tersebut, ia merekrut ibu-ibu yang tinggal di sekitar Jirifarm. Hal ini dilakukan sebagai upaya pemberdayaan masyarakat sekitar. Ia memilih pekerja wanita karena memang tugasnya tidak terlalu berat.

Kini Jirifarm tidak hanya berfokus pada usaha bertanam sayur. Jirifarm juga menyediakan perlengkapan berkebun dengan metode hidroponik. Diantaranya adalah wick, pipa, DFT, hingga NFT. Jirifam juga menggelar pelatihan bagi masyarakat yang ingin belajar tentang hidroponik.

Selama pandemi ini dirasakan sebagai berkah bagi Jirifarm karena permintaan peralatan kebun meningkat. Hal ini juga dirasakan oleh Purie Garden yang menjual peralatan pertanian. Selama pandemi, permintaan peralatan urban farming semakin meningkat.

Related posts

Leave a Comment