Download our available apps

Cara Config Free fire (FF) tanpa aplikasi Terbaru 2021

Pewarta - Prana Hikmat
Cara Config Free fire (FF) tanpa aplikasi Terbaru 2021
Foto : Istimewa

SARAN.ID - Free Fire (FF) adalah game online yang sangat menantang dan menarik untuk dimainkan. Bukan hanya battle yang penuh kejutan, tapi gamers juga memiliki kesempatan untuk mengubah kostum dan senjata. Namun, untuk mendapatkan kostum atau senjata keren, gamers harus tahu cara config Free Fire (FF) tanpa aplikasi, maupun dengan beberapa aplikasi.

Melakukan pemasangan config di game FF juga tak bisa asal dilakukan. Tidak semudah mengunduh sebuah aplikasi ke smartphone. Jika config salah dipasang, atau dipasang tidak sesuai dengan caranya, maka bisa menyebabkan error ke file Free Fire yang sudah terpasang sebelumnya. Pastikan config terpasang sempurna, agar gamers lebih garang bertempur di arena FF.

Jenis-jenis Config

Config atau konfigurasi tidak lain adalah cara untuk memodifikasi agar game Free Fire bisa dimainkan dengan lebih optimal. Pendek kata, cara config Free Fire (FF) tanpa aplikasi maupun dengan pemasangan aplikasi adalah dengan mengoptimasi software, agar gamers bisa bertempur dengan maksimal, membunuh musuh dengan mudah, dan tampil lebih keren.

Terdapat banyak jenis config di game FF ini misalnya Config Skin, Conif Auto Headshot, Config Diamond Gratis, Config No Lag. Kemudahan yang akan didapatkan dengan config-config tersebut tentu saja sesuai dengan namanya. Misalnya config skin, berarti gamers akan dengan mudah menggunakan lebih banyak skin costume tanpa harus membeli.

Gamers akan dengan mudah mendapatkan kostum mulai dari baju, celana, dan juga parasit tanpa bayar, jika telah melakukan config skin ini. Selain itu, ada juga config senjata dan Headshot. Dari namanya sudah tertebak optimasi apa yang akan didapatkan oleh gamers. Tentu saja, dengan mengoptimalkan fungsi senjata dan kemahiran headshot, gamers akan lebih banyak peluang menang.

Sangat perlu diketahui bahwa config ini hanya akan terlihat oleh pengguna config saja. Misalnya, ketika gamers memodifikasi pakaian atau skin costume, maka lawan akan tetap melihatnya menggunakan pakaian biasa. Kecuali, jika lawan juga menggunakan config yang sama dengan yang sedang digunakan.

Jika ingin mengubah skin costume atau menambah skill lain tanpa bayar, maka gamers harus tahu bagaimana cara config Free Fire (FF) tanpa aplikasi, maupun dengan beberapa aplikasi. Semuanya membutuhkan ketelitian, agar optimasi software dapat dijalankan di file FF. Demikian halnya dengan jenis config yang lain, pastikan tidak merusak file yang susah ada.

Bagaimana Memasang Config?

Di awal kemunculannya, hanya ada sebuah cara untuk memasang konfigurasi file FF, yaitu cara config Free Fire (FF) tanpa aplikasi. Gamers hanya perlu mengubah ‘File Data’ yang lama dengan yang baru. Dalam hal mana, file data baru tersebut sudah diatur menjadi config oleh pembuatnya. Namun sekarang, ada cara lain menggunakan aplikasi.

1. Cari File Config di Youtube

Jika ingin melakukan konfigurasi Free Fire, ada cara config Free Fire (FF) tanpa aplikasi yang mudah yaitu dengan mencari link config-nya di youtube. Beberapa tutorial config atau juga tutorial game ini, biasanya akan menyertakan file config di bagian deskripsi video-nya.

Gamers bisa menyalin file tersebut, dan simpan di HP. Biasanya, file akan tersimpan di folder ‘Download’. Melalui ‘File Manager’ gamers bisa melihat apakah file config sudah terunduh dengan sempurna dan tersimpan di smartphone-nya.

2. Gunakan Pengelola File

Cara config Free Fire (FF) tanpa aplikasi yang paling penting, adalah perlunya aplikasi untuk pengelolaan file. Ketika melakukan transfer file yang sangat besar, terkadang diperlukan pengubahan bentuk file menjadi ‘Zip’. Hal ini juga dapat dilakukan di smartphone, dengan mengunduh Zarchiver ini di Playstore.

ZArchiver diperlukan sebagai langkah awal config Free Fire (FF), karena ada file FF lama yang biasanya berbentuk ZIP atau 7z. Setelah diunduh, cari file config Free Fire yang sebelumnya telah diunduh dari sumber youtube. Pastikan mengunduh dari sumber yang kredibel.

3. Ekstrak File FF Lama

Langkah selanjutnya adalah melakukan ekstraksi. Sama halnya seperti penggunaan Archiver di laptop atau PC, ZArchiver ini juga bisa digunakan untuk mengekstrak file yang ada di smartphone. Langkahnya, ketuk dan tahan file yang akan diekstraksi, lalu ketuk ‘ekstrak di sini’. Langkah ini sangat mudah, karena sama persis dengan cara mengekstrak file di PC atau Laptop.

4. Lakukan Backup Data

Sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya, pastikan data yang ada sudah dibentuk backup. Selain agar tidak kehilangan file asli, backup data Free Fire asli juga diperlukan jika gamers ingin menghapus file hasil config. Dengan demikian, file awalnya masih ada dan masih tetap dapat digunakan bermain.

Cara mem-backup data adalah dengan masuk ke file direktori, tempat gamers menyimpan data Free Fire. Pada tempat tersebut, ganti nama file ‘com.dts.freefaith’ menjadi ‘com.dts.freefireth1’. Dengan demikian, file lama sudah memiliki backup yaitu dengan nama file yang baru yaitu file dengan angka ‘1’ di belakangnya, yang merupakan file asli FF.

5. Pindahkan Hasil Ekstrak ke Data

Setelah melakukan backup data, maka pemasangan config dapat dilanjutkan. Caranya adalah dengan memotong hasil ekstrak yang biasanya tersimpan dalam folder com.dts.freefaith. Tempelkan file tersebut di folder direktori tempat menyimpan Free Fire. Maka, akan ada 2 file di sana, yaitu file asli, dan file config hasil ekstrak.

Setelah tertempel di file direktori, gamers dapat langsung menggunakan FF-nya kembali. Cermati perubahan yang terjadi pada game FF setelah menempelkan file konfigurasi. Jika terjadi error atau tidak muncul yang dikonfigurasi, maka hapus file konfigurasi tadi dan ulangi langkah dari awal.

Resiko Pemasangan Konfigurasi

Setelah menerapkan cara config Free Fire (FF) tanpa aplikasi, gamers tidak perlu khawatir akan kehilangan file ataupun akun FF yang sudah berjalan. Besar kemungkinan akun lama tetap dapat digunakan, meskipun file telah diubah dengan konfigurasi yang baru. Akan tetapi, resiko terkena pemblokiran tetap mungkin muncul.

Pemblokiran atau banned bisa terjadi jika gamers mengambil dari sumber yang tidak valid. Meskipun banyak sumber yang menyebarkan link download config FF, sebaiknya gamers tetap berhati-hati dengan penggunaanya. Tentu saja, hal tersebut karena kerugian yang bisa diterima karena adanya banned akun.

Oleh karenanya, ada baiknya gamers tidak mudah tergiur menggunakan config, apalagi yang disebarkan oleh akun-akun yang belum jelas kredibilitasnya. Pasti akan rugi jika akun FF yang sudah lama dimiliki, tiba0tiba di-banned permanen hanya karena terdeteksi menggunakan config.

Ditambah lagi, menggunakan config sama halnya dengan menggunakan cheat untuk membongkar item-item yang dikunci oleh publisher game. Meskipun banyak gamers yang menggunakan, tetap penting untuk berhati-hati karena bisa saja pihak publisher meningkatkan keamanan dengan mendeteksi akun-akun yang menggunakan config.

Menerapkan cara config Free Fire (FF) tanpa aplikasi memang sangat mudah dilakukan. Menggunakan cara tersebut, gamers juga bisa seketika memiliki banyak skin costume, senjata, atau skill, tanpa membeli. Namun demikian, sangat penting memperhatikan tentang keamanan unduhan sebelum memasang konfigurasi ini. Apalagi, hanya pemilik akun saja yang bisa melihat perubahan setelah di-config.


Pewarta : Prana Hikmat
Editor :

Apa reaksi anda?

Fokus Berita