Bioskop di Jakarta Akan Beroperasi Kembali Dalam Waktu Dekat

Bioskop di Jakarta akan segera dibuka

Source: grid.id

Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta menyakan akan segera mengizinkan pembukaan kembali bioskop dalam waktu dekat ini. Keputusan ini diambil setelah Pemprof DKI meklakukan diskusi dengan Satgas Penanganan Covid-19, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, serta Kementerian Kesehatan.

Anies mengatakan bahwa kegiatan bioskop di Jakarta akan kembali dibuka dalam waktu dekat. Namun protokol kesehatan kan diterapkan dengan menggunakan regulasi yang lebih detail. Selain itu, pengawasan yang ketat akan dilakukan agar pelaku industri bioskop dapat memberikan jasanya tanpa memberikan resiko pada masyarakat.

Regulasi dan pengawasan ketat ini juga bertujuan agar masyarakat dapat merasa aman.Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga merujuk berbagai kajian dan studi tentang penanganan serta pengelolaan dalam bioskop yang telah dilaksanakan oleh beberapa negara lain. Kini ada sekitar 47 negara yang telah mengizinkan pengoperasian bioskop.

Anies juga menambahkan bahwa Pemprov DKI akan mempersiapkan regulasi secara detail. Peraturan ini akan memuat beberapa unsur. Diantaranya adalah kualifikasi penonton bioskop, pemesanan tiket, penggunaan masker, filtrasi udara, pengaturan tempat duduk, serta pembersihan bioskop.

Karyawan bioskop serta penonton juga diharuskan mentaati prinsip 3M. Yaitu menggunakan masker, mencuci tangan, serta menjaga jarak.

Pemprov DKI juga telah melakukan diskui dengan pelaku usaha bioskop. Para pelaku bisnis ini telah siap melakukan pembukaan kembali bioskop. Hal ini dikarenakan sejak Juni lalu, para pelaku bisnis telah berkomunikasi dengan pihak Pemprov terkait persiapan untuk membuka kembali bioskop.

Anies menambahkan bahwa keputusan pembukaan kembali bioskop ini bergantung pada kondisi Jakarta serta kesiapan pelaku bisnis untuk menjalankannya.

Wiku Adisasmito selaku Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 menambahkan bahwa pembukaan kembali bioskop ini harus memperhatikan beberapa hal. Diantaranya adalah penjagaan antrian masuk dan keluar bioskop agar tidak terjadi kerumunan.

Selain itu, penyelenggara harus memastikan protokol kesehatan berjalan dengan tertib selama pemutaran film. Satgas penanganan Covid-19 menyarankan agar penonton yang datang ke bioskop adalah antara usia 12 tahun hingga 60 tahun dan dalam kondisi sehat. Semua penonton juga harus memakai masker selama menonton.

Related posts

Leave a Comment